Pendidikan

Siswa dan Sekolah Diingatkan Tidak Mepet Waktu saat Daftar Akun SNPMB 2024

Mataram (NTBSatu) – Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNMPB) 2024 mengingatkan siswa dan sekolah untuk tidak mepet waktu melakukan pendaftaran akun. Sebab, masih ada peserta dari siswa maupun sekolah yang mendaftarkan akun SNPMB mendekati batas waktu yang ditetapkan.

Hal ini diungkapkan Ketua Pelaksana SNPMB 2024, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie ketika sosialisasi daring mekanisme registrasi akun SNPMB sekolah dan siswa tahun 2024, Jumat, 5 Januari 2024.

“Sering terjadi adik-adik maupun sekolah sering memudahkan pada batas akhir. Nyaris waktu-waktu kritis,” katanya. 

“Seolah-seolah pada tidak bisa masuk untuk mendaftar akun karena salah sistemnya. Padahal sebenarnya ini keteledoran baik yang terjadi di sekolah, apakah ini tim operatornya maupun kadang adik-adik juga lalai. Mohon ini dihindari,” tegas Tjitjik.

Ia menjelaskan, jika pendaftaran akun SNPMB dilakukan mendekati batas akhir, maka ada kemungkinan terjadi gagal mendaftar.

“Karena pendaftaran SNPMB merupakan sebuah sistem yang tersambung satu dengan yang lain. Jika diakses secara bersamaan pada jam-jam terakhir, maka sistem akan hang. Agar terhindar dari gangguan tersebut, mohon disiapkan sejak awal,” imbau Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek ini.

Baca Juga: Merusak Estetika, Bawaslu NTB Tertibkan 14.230 APK Caleg yang Dipasang Pada Pohon

Tjitjik juga mengingatkan, agar pihak sekolah menyiapkan data-data jauh sebelum batas akhir.

“Saya mohon antara pihak sekolah saling mengingatkan, bertanya jauh-jauh sebelum batas akhir yang telah ditetapkan. Ini penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Diketahui, pendaftaran akun SNPMB 2024 akan dibuka mulai besok, Senin, 8 Januari 2024. Periode pendaftarannya dibuka menjadi dua sesi, yakni tanggal 8 Januari sampai 8 Februari 2024 untuk akun sekolah.

Kemudian, untuk akun siswa bisa mendaftar mulai tanggal 8 Januari sampai 15 Februari 2024.

Akun SNPMB ini merupakan syarat bagi siswa untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Tahapan pendaftaran akun tersebut menjadi kunci awal agar peserta bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (JEF)

Baca Juga: Ketua Bappilu PDIP NTB Pimpin Pembagian Kaos Ganjar-Mahfud di Pulau Sumbawa

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button