ADVERTORIAL

LPPM UNDIKMA Gelar KKN Expo 2023, 845 Mahasiswa Tersebar ke 72 Desa di Pulau Lombok

Mataram (NTBSatu) – Universitas Pendidikan Mataram (UNDIKMA) telah melaksanakan KKN Tematik selama 3 bulan, terhitung 2 Oktober sampai 24 Desember 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 845 mahasiswa dan 80 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang tersebar pada 72 desa di Pulau Lombok.

“Sebelum KKN, ada banyak tahapan/proses yang harus dilalui mahasiswa seperti kegiatan pra pembekalan, kemudian pembekalan, dan ujian,” ujar Ketua Panitia KKN, Muhammad Arif Rizka.

Setiap DPL diberikan pembekalan dengan materi yang sama dengan mahasiswa. Semua itu dilakukan agar mahasiswa dan DPL betul-betul siap melaksanakan KKN.

Arif menjelaskan, banyak program yang telah dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Salah satu program yang harus dilaksanakan adalah membuat produk berbasis lokal/desa sesuai sumber daya yang ada di lokasi tempat KKN.

Semua produk yang dihasilkan selanjutnya dipamerkan oleh mahasiswa melalui kegiatan KKN Expo tanggal 30 Desember 2023.

Dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 2 UNDIKMA Hj. Yeti Kurniasih di Lobi Rektorat UNDIKMA sekaligus sebagai kegiatan akhir tahun Universitas Pendidikan Mandalika.

Adapun KKN Expo adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh LPPM UNDIKMA yaitu seminggu setelah penarikan mahasiswa dari lokssi KKN.

Pantauan di lokasi acara, kegiatan KKN Expo tidak hanya berupa pameran produk mahasiswa tapi ada juga kegiatan lain yaitu pemberian reward kepada kelompok KKN terbaik dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terbaik, ada hiburan dan stand up comedy bertema KKN.

Setelah melalui proses pemantauan dan seleksi oleh LPPM, dari 80 DPL ada 10 orang terpilih sebagai DPL terbaik yaitu Supratman, Nurul Iman, Jessica Festy Maharani, Iwan Dody Dharma Wibawa, Aprianoto, Samiun, Agus Fahmi, Tri Setianingsih, M. Iqbal, dan Samsul Hadi.

Sementara dari 72 kelompok terpilih 20 sebagai kelompok terbaik. Untuk lokasi Lombok Barat yaitu Desa Pelangan, sekotong Tengah, Eyat Mayang, dan Desa Mareje.

Lokasi KLU yaitu Pemenang Timur, Malaka dan Tegal Maja.

Kelompok KKN Terbaik di Lombok Tengah yaitu Desa Semparu, Murbaya, Peresak, Sintung, Pejanggik, dan Desa Sengkerang.

Selanjutmya kelompok KKN terbaik di Lombok Timur yaitu Pejanggik, Pringgasela Selatan, Tetebatu, Sembalun Timba Gading 2, Sembalun 1, Teko dan Desa Jenggik.

Untuk Kategori Mahasiswa KKN Terbaik, daftar pemenangnya antara lain, atas nama Alifiya Ulwatul Hilmy (Desa Malaka), Sasmita Mayuristira (Pejanggik), Riyan Hidayat (Sepakek), Bq. Yola EP (Sembalun Timba Gading), Desty Humairo (Sukarara), Dian Tina Safitri (Sembalun), Ermaliani Agustina (Semparu), L. Abdul Hayyi F (Sekotong Tengah), Mia Hartanti (Eyat Mayang), Muliawan Hidayatullah (Jurang Jaler), Nurul Unsya Akmal (Pemenang Timur), Sintia (Gunung Rajak), Syamsudin (Selebung Rembige), Yuniati (Pemenang Barat) dan Yuzril Anwar (Kerumut).

Melihat semangat dan kesungguhan mahasiswa dalam melaksanakan KKN dan totalitas pengayoman serta bimbingan yang diberikan oleh semua DPL, Kepala LPPM UNDIKMA Prof. Dr. Sukri, M.Pd mengaku bahagia sekaligus bangga.

Ia mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua DPL atas dedikasi dalam memberikan bimbingan dan pendampingan kepada mahasiswa.

Termasuk kepada 72 Pemerintah Desa yang telah memberikan kesempatan dan bersedia menjadi lokasi KKN, serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa selama mereka berada di desa.

“Atas nama UNDIKMA saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama pelaksanaan KKN ada kesalahan dan hal-hal yang kurang berkenan dilakukan baik oleh mahasiswa, DPL dan LPPM UNDIKMA. Selamat kepada semua DPL dan kelompok KKN terbaik”, ungkap Guru Besar Bidang Pendidikan Biologi ini. (STA/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button