Kota Mataram

Wali Kota Mataram : Jangan Anggap Remeh Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Mataram (NTB Satu) – Secara geografis, Kota Mataram berada pada kawasan hilir, sehingga memerlukan langkah antisipasi dan penanganan yang massif saat menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, mulai dari tingkat lingkungan hingga kecamatan.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Mataram sebelumnya sudah melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Pasukan seluruh instansi dan petugas terkait pada hari Jumat, 8 Desember 2023, kemarin di Lapangan Sangkareang.

IKLAN

“Saat ini, kita tidak hanya berkumpul sebagai warga Kota Mataram, tetapi juga sebagai garda terdepan dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan masyarakat kita, dikarenakan musim penghujan yang kini tengah kita hadapi, membawa tantangan tersendiri bagi kesiapsiagaan kita”. tegas Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana.

Mohan juga menekankan bahwa ancaman bencana hidrometeorologi tidak bisa dianggap remeh dan enteng, sehingga seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan stakeholder yang terkait harus berupaya maksimal dan matang dalam pencegahan dan penanganannya.

“Harus di persiapkan sematang mungkin, untuk mengantisipasi dan meminimalisir hal negatif yang bisa saja terjadi”. Imbaunya.

Berita Terkini:

Menurut Mohan, mitigasi bencana harus dilakukan sejak dini sebagai langkah antisipasi dampak negatif dari bencana.

“Mitigasi bencana harus dilakukan maksimal, dari segi pencegahan, persiapan, terutama respon yang cepat dan efektif ketika ada bencana,” terangnya.

Saat ini, sejumlah wilayah di provinsi NTB, termasuk Kota Mataram berada dalam masa perpindahan musim kemarau menuju musim hujan, sehingga menyebabkan terjadinya curah hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrim. Sehingga, hal tersebut berpotensi menyebabkan genangan air, sungai meluap, pohon tumbang dan pasangnya air laut. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button