Pendidikan

Kemendikbudristek Tegaskan Formasi PPPK Guru 2023 Belum Cukupi Kebutuhan Daerah

Mataram (NTB Satu) – Formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru 2023 yang dibuka, ternyata masih belum bisa memenuhi kebutuhan guru di Indonesia.

Pasalnya, dari jumlah kebutuhan guru PPPK sebanyak 601.174 formasi, pemerintah daerah hanya membuka 296.059 formasi. Sehingga membuat jumlah guru yang diajukan dan yang bisa direkrut belum mencukupi.

“Tahun ini, kita mengajukan kebutuhan 601.174 formasi, tetapi setelah kita melakukan berbagai upaya, formasi di tahun 2023 baru 296.059. Persentasenya masih kecil untuk formasi ini,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, dikutip dari rilis GTK Kemendikbudristek, Jumat, 22 September 2023.

Menurut Nunuk, dengan jumlah formasi tersebut masih banyak kebutuhan guru yang belum terpenuhi, utamanya di sekolah negeri. Ia menyebut masih banyak prioritas satu (P1) yang masih belum juga mendapatkan formasi.

“Itu karena memang di kebutuhan usulan daerah tidak bisa terakomodir. Itu jumlahnya 12.276, ini yang belum dapat kuota formasi di tahun ini,” ungkapnya.

Baca Juga :

1 2 3Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button