ADVERTORIAL

Distanbun NTB Dampingi Poktan di Kota Mataram dalam Kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Tabela

Mataram (NTB Satu) – Dalam mendukung keberhasilan pembangunan pertanian di NTB, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi NTB melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Bapeltanbun Provinsi NTB meningkatkan koordinasi, sinergitas, dan penyelarasan kegiatan dengan penyuluh pertanian dan berbagai perusahaan yang bergerak pada bidang pertanian.

Untuk itu, dalam mensinergikan hal tersebut, Penyuluh Provinsi Bapeltanbun NTB melaksanakan pendampingan pada pertemuan bersama My Farm Jepang dan Bintang Asia di Kelompok Tani (Poktan) Bertais Daye, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Selasa, 22 Agustus 2023.

Mengutip dari laman resmi Distanbun Provinsi NTB, distanbun.ntbprov.go.id pertemuan tersebut juga dilakukan sosialisasi terkait Tanam Benih Langsung (Tabela) dengan penambahan serbuk besi dan gypsum pada benih padi oleh My Farm Jepang dan kemitraan benih cabe antara petani dengan PT Bintang Asia.

Untuk Tabela rencana akan dibuat Demplot di kelompo tani tersebut dengan luasan lahan sekitar 1,4 hektare. Sedangkan untuk kemitraan benih cabe akan dilakukan penanaman dengan luas lahan sekitar 2 hektare.

Dalam hal ini, petani menerima bibit cabe dan pengawasan serta pendampingan dari petugas lapangan perusahaan hingga panen. Kemudian petani mitra bertugas untuk memelihara tanaman hingga panen.

Hasil cabe dapat dijual berupa cabe basah maupun dalam bentuk benih ke perusahaan mitra dengan harga yang sudah disepakati dalam kontrak kerjasama.

Kedepannya kegiatan kemitraan cabe ini akan diarahkan ke Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang ada di sekitar Kota Mataram sebagai bentuk pemanfaatan pekarangan yang akan menghasilkan nilai yang lebih tinggi, di mana bisa dilakukan budidaya menggunakan minimal 500 polibag masing-masing P2L. Selanjutnya melakukan penanaman dan pemeliharaan sesuai dengan ketentuan dari perusahaan mitra. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button