Daerah NTB

Nama Sekjen DPD RI Lalu Nikman Zahir Mencuat Diusulkan Jadi Penjabat Gubernur NTB

Mataram (NTB Satu) – Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimansyah dan Dr. Hj Siti Rohmi Djalilah akan segera berakhir pada September 2023 ini.

Sebagai keberlanjutan Pemerintahan Provinsi NTB, maka Presiden RI akan menunjuk dan menetapkan Penjabat Gubernur NTB Periode 2023-Selesai.

IKLAN

Puluhan organisasi sosial kemasyarakatan (Ormas) yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendatangi kantor DPRD NTB dan menyampaikan aspirasi.

Perwakilan Ormas merekomendasikan nama sosok Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Lalu Nikman Zahir, kepada Presiden RI melalui Kementerian Dalam Negeri untuk bisa ditunjuk dan ditetapkan sebagai Penjabat Gubernur NTB Periode 2023-selesai.

Di hadapan Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda dan Wakil Ketua DPRD NTB, H Muzihir, Tim Penjaringan aspirasi Lalu Nikman Zahir, Burhan Gani, mewakili sejumlah organisasi kemasyarakatan menyerahkan dukungan ormas dan kepemudaan kepada Ketua DPRD NTB.

“Dukungan ini kami serahkan kepada Pimpinan DPRD NTB agar dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya,” kata tokoh muda NTB ini melalui keterangan tertulis diterima NTBSatu, Kamis 25 Mei 2023.

IKLAN

Burhan Gani juga menyerahkan sejumlah dokumen dukungan kepada Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda, diruangan Rapat Pleno DPRD NTB, Kamis 25 Mei 2023.

Sebelumnya di hadapan Pimpinan DPRD NTB, Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa Provinsi NTB, M Yunus Asfiah, mengungkapkan, alasan memberikan dukungannya kepada Sekjen DPD RI untuk ditetapkan menjadi penjabat Gubernur NTB.

Sebab, bagi pihaknya, secara administratif, Lalu Niqman Zahir, memenuhi syarat untuk ditunjuk dan ditetapkan sebagai Penjabat Gubernur NTB sebagaimana amanat peraturan perundang-undangan tentang penunjukan dan penetapan Penjabat Gubernur.

“Selain itu, Lalu Niqman Zahir adalah putra daerah yang sangat mengenal dan memahami kondisi dan konstruksi sosial dan budaya masyarakat NTB. Sisi lainnya, Lalu Nikman Zahir memiliki kecakapan dan kapabiltas dalam memimpin NTB. Hal ini ditandai dengan latar belakang karirnya yang dimulai dari jabatan Sekcam Gangga KLU hingga menduduki jabatan Sekjen DPD RI,” terang mantan aktivis 1998 ini.

Lalu Nikman Zahir juga dinilainya memiliki kecakapan dan kemampuan dalam mengatur dan mengelola sistem administrasi pemerintahan. Khususnya dalam aspek tata kelola pemerintahan.

“Dan yang paling pokok, Lalu Nikman Zahir, memiliki kemampuan dan kecakapan dalam membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak. Khususnya koordinasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan serta lintas organisasi pemerintah dan organisasi sosial kemasyarakatan,” kata dia.

Sementara, Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda, mengungkapkan dukungan terhadap Lalu Niqman Zahir ini tidak hanya berasal dari masyarakat NTB.

“Bahkan Ketua DPD RI serta seluruh anggota DPD RI mendukung beliau ini (Lalu Nikman Zahir, red) dan sudah menyampaikan langsung kepada Presiden RI,” kata Baiq Isvie.

Srikandi Udayana ini juga mengungkapkan informasi yang diperolehnya bahwa Kemendagri RI juga sedang merekrut nama-nama Bacalon Penjabat Gubernur.

“Mudah-mudahan tiga nama yang diajukan oleh Kemendagri RI ini ke Presiden termasuk salah satunya adalah nama Lalu Nikman Zahir,” pungkasnya.

Ikut hadir memberikan dukungan kepada Lalu Nikman Zahir, adalah mantan Rektor UMMAT, DR H Arsyad Gani, serta perwakilan dari 60 ormas se-NTB. (HAK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button