Lombok Barat

Gubernur NTB Datangi Dusun di Perbukitan Lombok Barat yang Alami Krisis Air

Mataram (NTB Satu) – Kekurangan persediaan air bersih menjadi permasalahan bagi masyarakat Dusun Duduk Atas, Batu Layar, Lombok Barat.

Menyikapi informasi kurangnya air bersih di Dusun duduk atas, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, langsung turun tangan untuk mengunjungi lokasi tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Bang Zul, sapaan Gubenur, bersama-sama dengan Kepala Dusun, tokoh masyarakat berusaha mencari solusi krisis air di daerah ketinggian itu.

“Pantas saja air tidak bersih. Karena, kurangnya kedalaman sumur bornya. tapi itu memang karena keberadaan dusun ini terletak diatas bukit,” tutur Bang Zul, Minggu, 30 April 2023.

Setelah menemukan penyebab utama dari masalah kekurangan air bersih, Pemprov NTB akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Alhamdulillah, setelah bertemu Kepala Dusun dan tokoh masyarakat. Akhirnya ketemu sudah masalah utamanya. InsyaAllah kami akan segera berkoordinasi dengan Pemda Lombok Barat untuk menyelesaikan masalah ini,” tutupnya.

Permasalahan yang sama terjadi di beberapa titik wilayah NTB.

Berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) NTB, terdapat 35 desa dari 20 kecematan di NTB yang menjadi sasaran kekurangan air bersih paling parah saat musim kemarau.

Rinciannya adalah, Lombok Barat sebanyak 5 desa; Lombok Tengah 4 desa; Lombok Timur 7 desa; Lombok Utara 6 desa; Sumbawa 4 desa; Kota Bima 2 desa; Bima 2 desa; Sumbawa Barat 2 desa; Dompu 3 desa, dan masih banyak desa-desa lainnya. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button