Daerah NTB

Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok di Eks Bandara Selaparang Dimulai 8 Mei 2023

Mataram (NTB Satu) – Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram sudah final jadi venue Motocross Grand Prix (MXGP). Rencana pembangunan akan dimulai tanggal 8 Mei 2023 mendatang.

“Rencana pembangunan akan kita mulai pada tanggal 8 Mei nanti. Sedangkan, target penyelesaiannya sekitar satu bulan atau awal Juni nanti akan selesai,” ujar Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB, Lalu Herman Mahaputra atau sapaan akrabnya dr. Jack, Jumat, 28 April 2023.

IKLAN

Penetapan eks Bandara Selaparang menjadi venue MXGP Lombok, sudah terikat nota kesepahaman antara Pemprov NTB dengan PT. Angkasa Pura I.

“Pembangunan sirkuit bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura I. Kami sudah menandatangani MoU,” sambung dr. Jack.

Lebih lanjut, Tim Infront Moto Racing sebagai penyelenggara MXGP sudah meninjau lokasi pembangunan sirkuit tersebut. Atas dasar itu, ketua IMI terlebih dulu melakukan meeting untuk membahas teknis pelaksanaannya.

“Untuk teknis pelaksanaannya kami akan mengadakan meeting bersama dulu,” ucapnya.

IKLAN

Semua lokasi eks Bandara Selaparang tidak digunakan semuanya dalam pembangunan sirkuit MXGP. Namun, secara umum sirkuit yang dibangun panjang lintasannya mencapai sekitar 1,5 km.

Sirkuit juga akan dibangun pada sisi kiri dan kanan landasan pacu eks Bandara Selaparang. Dengan titik lokasi pembangunan berada di bagian tengah dari landasan pacu.

“Sesuai kebutuhan saja, tidak semuanya dipakai. Tapi, yang jelas perkiraan panjang lintasannya sekitar 1,5 km,” sambung dr. Jack.

Pelaksanaan MXGP Lombok digelar sekitar tanggal 2 Juli. Hanya berjarak satu Minggu dengan pergelaran MXGP Samota, Sumbawa.

“Terkait kesiapan. Kami sudah menyiapkan strategi dengan PT. Samota Enduro Gemilang. Supaya pelaksanaannya lancar dan ramai,” tandasnya.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, juga mengomentari pembangunan sirkuit tersebut. Ia mengatakan, penyelengaraan event Nasional maupun Internasional bukan hanya dinikmati pertunjukannya saja. Tapi, lewat event-event tersebut, bisa memperbaiki infrastruktur.

“Daripada Bandara Selaparang itu kosong begitu, mending kita jadikan sirkuit. Banyak hal nanti yang dihasilkan,” ujar bang Zul sapaannya.

Masyarakat juga menyambut baik adanya pembangunan sirkuit MXGP. Terutama pedagang sekitar wilayah tersebut. (MYM)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button