Daerah NTB

Lebaran Topat Dipusatkan di Makam Bintaro dan Loang Baloq, Hindari Jalur jalur Rawan Macet ini

Mataram (NTB Satu) – Pasca Idul Fitri 1444 H, Pemerintah Kota Mataram akan menggelar tradisi Lebaran Topat yang dipusatkan di Makam Bintaro dan Makam Loang Baloq, pada Sabtu, 29 April 2023 besok.

Perayaan lebaran Topat Pemkot Mataram dimulai sekitar Pukul 08.00-10.00 Wita yang akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana dan Wakil Wali Kota Mataram, TGH Mujibburrahman.

IKLAN

Dua pimpinan daerah ibu kota Provinsi NTB ini, akan menghadiri tempat yang berbeda.

“Yang pertama di Makam Bintaro akan dihadiri oleh Walikota. Sedangkan Makam Loang Baloq akan dihadiri oleh Wakil Walikota Mataram,” Sebut Kabid Dalops, Dishub Kota Mataram, Arif Rahman dihubungi NTB Satu, Jumat, 28 April 2023.

Guna memastikan keberlangsungan dan kelancaran perayaan lebaran Topat ini. Sebanyak 110 orang personel dari Polres Kota Mataram, 40 orang personel Dishub Kota Mataram.

“Belum termasuk dari Linmas, Pol PP, dan stakeholder lainnya yang berkaitan dengan kegiatan ini,” tandas Arif.

Personel yang diturunkan akan disebar ke beberapa titik pengamanan. Demi memastikan arus lalu lintas lancar dan kegiatan lebaran pun berjalan lancar.

Titik pengamanan untuk kegiatan di Bintaro, mulai dari simpang tiga Kebon Roek dan di depan acara. Sedangkan di Loang Baloq titik penyekapan berada di simpang Mataram metro. Kemudian ada petugas-petugas melakukan pengaturan lalu lintas sepanjang jalan depan makam Loang Balok.

Ia melanjutkan, Pada perayaan lebaran Topat ini. Dishub Kota Mataram menghimbau, jika terjadi kepadatan lalu lintas, kemungkinan akan dilakukan pembatasan. Di antaranya adalah pengalihan kendaraan berbadan besar mulai dari simpang 4 Mataram Metro atau simpang 3 Kebon Roek.

“Tidak ada penutupan jalan, kecuali terjadi kemacetan akan dilakukan pengalihan arus dan dilakukan one way, entah itu one way dari utara menuju ke selatan,” tutupnya.

Lebaran topat atau lebaran ketupat ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Pelaksanaannya berlangsung seminggu setelah hari raya Idul Fitri. (MYM)


Lihat juga:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button