Lombok Barat

Kisah Nakes di Lombok saat Musim Lebaran, Kangen Opor Ayam, tapi Tetap Siaga Demi Tugas

Mataram (NTBSatu)- Rumah Sakit Awet Muda Narmada, Lombok Barat, salah satu fasilitas kesehatan yang tetap melayani pasien selama libur Lebaran 2023.

Rumah sakit swasta ini bahkan menyediakan dua dokter siaga setiap harinya.

“Hari libur dan lebaran, pasien kita tangani melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan 24 jam, selain IGD juga buka pelayanan, Vk, lab, dan radiologi,” kata Analis Kesehatan RS Narmada Awet Muda, Yuliana Astuti, Senin 24 April 2023.

Ia mengatakan untuk dokter di IGD disiagakan dua orang setiap hari dan di ruangan perawatan ada dua dokter lain tiap harinya.

“Selain dokter yang jaga, Dokter Spesialis menerima pelayanan via telepon, perawat juga seperti biasa selalu ada untuk melayani pasien yang ada maupun dalam rangka libur Lebaran, dan sudah tugasnya memberikan layanan terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Untuk pelayanan pun dibuka mulai dari Pukul 07.30 Wita sampai Pukul 14.00 Wita. Shift kedua Pukul 13.30 Wita sampai Pukul 20.00 Wita, dan shift akhir Pukul 19.30 sampai Pukul 08.00 Wita.

Menurutnya libur Lebaran 2023 akan banyak pemudik yang pulang kampung merayakan Idul Fitri.

Aktifitas libur lebaran selalu ada kejadian di luar perkiraan seperti kecelakaan, karena jalanan begitu ramai oleh masyarakat termasuk di objek wisata.

Salah satu perawat Rumah Sakit Awet Muda Narmada, Sulianti Fitri merasakan Idul Fitri tahun ini amat berbeda lantaran harus menjalankan tugas sebagai garda terdepan untuk melayani masyarakat.

Fitri, yang bertugas merawat IGD Rumah Sakit Awet Muda Narmada, tetap bertugas di momen Lebaran ini.

“Kebetulan saya dapat tugas jaga di hari Lebaran, saya masuk siang hari ini,” kata Fitri

Fitri mengungkapkan, di tahun-tahun biasa, ia pasti mengambil cuti lebaran. Kalaupun tak mudik ke kampung halamannya di Lombok Tengah, ia biasa berkunjung ke rumah saudara untuk silaturahmi.

Menurutnya, selama dua tahun belakangan setelah pandemi Covid-19 rumah sakit tak memberikan jatah cuti kepada para tenaga medis. Mereka pun tetap bertugas seperti hari biasa untuk merawat dan menerima pasien.

“Ada sedih yang dirasakan di momen Idul Fitri hari ini, kangen menyantap ketupat dan opor masakan bunda, yang biasa menjadi hidangan khas Lebaran. Tapi hari ini, selain salat Idul Fitri dari rumah, tak ada lagi yang dilakukan selain mempersiapkan diri untuk pergi bertugas,” ujarnya

Meski begitu, Fitri berujar para tenaga medis yang kebagian dinas jaga biasanya membuat kegiatan kecil. Ada saja yang membawakan makanan untuk disantap bersama, dan pihak rumah sakit pun membagikan makanan.

“Biasanya sampai rumah sakit ada beberapa teman yang bawa makanan, opor ayam, ketupat. Jadi (rindu) terobati sedikit,” ucap Fitri.

Untuk itu, RS Awet Muda menyiapkan diri untuk memberikan layanan terbaik agar masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan nantinya, selain menjadi garda terdepan, momen lebaran pun masih dirasakan oleh petugas garda terdepan tersebut.

Pihak RS juga sudah membagi jadwal piket para dokter maupun perawat selama libur lebaran. Perawat dak dokter harus ada setiap harinya.

“Pada prinsipnya RSUD siap memberikan palayanan yang baik selama libur lebaran dengan menyediakan dokter dan perawat,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kehati-hatian dalam berkendaraan selama libur lebaran karena sangat rawan kecelakaan. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button