Advertorial

Menuju Digitalisasi, Museum NTB Gunakan Barcode Setiap Pameran

Mataram (NTB Satu) Museum Negeri NTB pada tahun 2023 menargetkan menjadi Museum Negeri yang Inovatif, Kreatif, dan Kolaboratif. Hal ini tertuang dalam rencana strategisnya dengan tujuan menuju Museum Digital.

Langkah-langkah mencapai target tersebut telah mulai dilakukan. Museum Negeri NTB memulainya dengan mengaktifkan media sosial, seperti Instagram dan YouTube.

“Di YouTube kami membuat beberapa seri mengenai belajar koleksi. Ini untuk memperkenalkan koleksi-koleksi yang ada,” ujar Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nuralam, S.H., MH., Rabu, 12 April 2023.

Ahmad menjelaskan, untuk seri belajar koleksi ini dilakukan seksi penyajian layanan edukasi Museum Negeri NTB. “Kedepan, kami akan mengundang budayawan atau guru sejarah untuk menjelaskan koleksi benda-benda sejarah ini. Hal ini agar anak-anak bisa membayangkan koleksinya dahulu sebelum berkunjung nanti,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Museum Negeri NTB juga memiliki inovasi untuk menuju Museum Digital. Inovasi tersebut diberi nama SEGA atau Sekardiyu Audio Guide.

“SEGA ini semacam barcode (kode batang), jadi tinggal scan dan akan muncul konten suara yang menjelaskan koleksi tersebut,” ungkap Ahmad.

Penjelasan yang disampaikan melalui SEGA ini pun disampaikan dalam 2 bahasa. “Iya nanti setelah di-scan, muncul tautan untuk ke audio tersebut. Lalu, audionya tersedia dalam dua bahasa, ada bahasa Indonesia dan bahasa Inggris,” ujar Ahmad.

Adanya inovasi ini, kata Ahmad, dapat mempermudah wisatawan yang berkunjung. “Jadi wisatawan tidak perlu lagi mendengarkan penjelasan dari tour guide. Cukup dengan smartphone-nya, bisa langsung mendengar penjelasan dari koleksi yang ditampilkan,” jelasnya.

Ahmad menambahkan, penerapan SEGA ini pertama kali saat pameran wastra pada Desember 2022 lalu. “Saat ini untuk di ruang pameran utama Museum beberapa sudah dibuatkan dan nanti ditambah agar seluruh koleksi ada. Jadi, bagi masyarakat yang mau coba menggunakan SEGA bisa langsung ke Museum,” tambahnya.

Pada pameran yang dipersembahkan Museum NTB di Pesona Khazanah Ramadan 2023 juga dilengkapi dengan SEGA. Pameran tersebut sedang berlangsung di ruang Umar Bin Khattab, Kawasan Islamic Center NTB sampai Sabtu, 15 April 2023. (JEF)


Lihat juga:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button