ADVERTORIAL

Museum NTB Ikut Ramaikan Pesona Khazanah Ramadan 2023 Melalui Pameran Jejak Islam di NTB

Mataram (NTBSatu) – Pesona Khazanah Ramadan 2023 yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi NTB dimulai pada Jumat, 25 Maret 2023. Dalam kegiatannya, tidak hanya mengadakan pasar Ramadan yang menjual aneka takjil, terdapat beragam aktivitas lain seperti pameran.

Pameran tersebut merupakan persembahan Museum Negeri NTB yang menggambarkan jejak islam di NTB. Islam masuk di daerah ini pada abad 16 dan terus berkembang hingga sekarang.

IKLAN

Salah satu pengunjung pameran, Afrizal, mengatakan, pameran ini sangat bermanfaat. “Dari pameran ini saya dapat mengetahui bagaimana perkembangan Islam di NTB,” ujarnya.

Perkembangan islam itu mulai dari proses islamisasi, Islam dalam pemerintahan, dan Islam dalam budaya. Hal senada juga disampaikan, Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nuralam, S.H., MH.

“Ada 3 subtema yang kami tampilkan melalui pameran jejak islam di NTB ini. Proses islamisasi, islam dalam pemerintahaan, dan islam dalam budaya,” ungkap Ahmad, Senin, 27 Maret 2023.

Tiga tema yang Museum NTB tampilkan tersebut tergambar melalui koleksi milik Museum Negeri NTB. “Seperti koleksi wayang, babad Lombok menceritakan tentang proses islamisasi di NTB. Islam dalam pemerintahan digambarkan dengan stempel, dan Islam dalam budaya digambarkan dengan pedang dan lainnya,” jelas Ahmad.

IKLAN
Para pengunjung sedang melihat koleksi Museum NTB pada pameran jejak Islam di NTB.

Koleksi-koleksi milik Museum, kata Ahmad, tidak hanya sekedar ditampilkan. Namun, akan menambah pemahaman tentang penyebaran islam di NTB.

“Ini menjadi semacam korelasi bagi kita bisa membantu masyarakat memahami proses islamisasi di NTB. Seluruh proses itu pun tersimpan baik di Museum Negeri NTB, berupa koleksi maupun manuskrip,” tambah Ahmad.

Ahmad juga berharap, keikutsertaan instansinya dalam Pesona Khazanah Ramadan tahun ini dapat membantu promosi pariwisata provinsi NTB. “Ada namanya story nomics, dengan narasi mampu mendatangkan wisatawan yang memberikan dampak ekonomi. Maka, dengan cerita proses islamisasi di NTB ditambah koleksi yang ada, dapat menarik wisatawan berkunjung,” ujar Ahmad.

Pameran jejak Islam di NTB ini akan berlangsung sampai 15 April 2023. Pameran diadakan di ruang Umar Bin Khattab, Kawasan Islamic Center NTB, pada pukul 10.00 sampai 21.00 Wita. (JEF/*)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button