ADVERTORIAL

Wujud Lestarikan Laut, Dit Polairud NTB bersama Masyarakat Transplantasi Terumbu Karang

Mataram (NTB Satu) – Dit Polairud Polda NTB bersama aktivis peduli lingkungan Juang Laut Lestari melakukan transplantasi terumbu karang. Aksi yang juga bersama masyarakat itu berlangsung di Dusun Padak, Labuan Lombok, Selasa 21 Maret 2023.

Kegiatan kali ini terpusat di Pantai Gili Lebur, Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Selain transplantasi terumbu karang, kepolisian juga memasang pelampung tanda rumah gurita.

IKLAN

Dir Polairud Polda NTB, Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga mengatakan, kegiatan ini untuk mengembalikan sumber daya laut. Selain itu kata dia, masyarakat akan dapat memanfaatkannya, terutama dari sektor pariwisata.

Anggota Dit Polairud Polda NTB melakukan Transplantasi Terumbu Karang di Pantai Gili Lebur, Pringgabaya. Foto : istimewa

“Transplatasi terumbu karang ini juga nantinya sebagai daya tarik wisatawan,” ungkap Pamen melati tiga itu.

Dengan demikian, sambungnya, penggunaan perahu nelayan akan bermanfaat bagi para wisatawan domestik. “Tidak hanya wisatawan domestik. Wisatawan mancanegara yang ingin berwisata laut juga dapat memanfaatkannya,” ujar Kobul.

Terumbu karang ini juga kata Dir Polairud, nantinya akan berfungsi sebagai rumah bagi ikan. Sehingga, pertumbuhan ikan nantinya akan pesat.

IKLAN

“Kami berharap, dengan kegiatan ini, program pemerintah dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan dapat terwujud dengan baik,” harapnya.

Lebih jauh jelas Kobul, kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 lalu. Sebagai wujud kepedulian Polairud terhadap kelestarian laut. Lokasi transplantasi ini meliputi, wilayah pantai Tanjung Menangis, Peinggabaya dan Gili Lebur Lombok Timur.

“Setiap lokasi sudah ada transplantasi sebanyak satu kali, dengan jumlah 10 buah kerangka untuk satu lokasi,” bebernya.

Penanaman berikutnya akan dilakukan lagi pada bulan Mei 2023 mendatang, dengan target 20 buah kerangka. (MIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button