Kota Mataram

Pemkot Mataram Liburkan “Car Free Day” Selama Bulan Ramadan

Mataram (NTB Satu) – Pemkot Mataram akan meliburkan kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana, Kota Mataram selama bulan Ramadan nanti.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mataram, M Saleh. Saleh mengaku, selama Ramadan pihaknya tidak akan memberikan pengalihan dan penutupan arus jalan seperti biasanya.

“Karena selama hari Minggu, biasanya arus jalan kami alihkan atau ditutup. Jadi selama puasa tidak ada kegiatan menutup atau mengalihkan arus jalan,” katanya.

Namun lanjutnya, tidak menutup kemungkinan masyarakat akan tetap melaksanakan kegiatan CFD selama bulan Ramadan. “Apalagi Taman Udayana biasanya selalu ramai,” jelasnya.

Karena itu, Dishub akan menyosialisasi dan memberikan pengertian kepada masyarakat, khususnya Kota Mataram agar tidak melaksanakan kegiatan CFD.

“Jadi selama bulan puasa, kami akan lebih fokus melakukan pengamanan waktu sore dan malam, khususnya malam hari,” sebutnya.

Dalam pengamanan nanti, Dinas Perhubungan akan bekerjasama dengan Saptol PP untuk mengamankan sejumlah kegiatan. Terutama pengawasan terhadap kegiatan yang dilarang selama bulan puasa, seperti bermain petasan dan lainnya.

“Soalnya kan biasanya banyak yang bermain petasan. Biar masyarakat bisa dengan aman dan nyaman menjalani ibadah selama Bulan Ramadan,” tutupnya.

Diketahui, CFD merupakan kegiatan warga setiap hari Minggu di Jalan Udayana seperti jogging, bersepeda, berjalan santai atau mencari kuliner.

Selain itu, momentum CFD juga dimanfaatkan bagi sebagian masyarakat untuk membuka lapak dagangan, seperti minuman atau makanan, pakaian, mainan anak-anak dan lainnya.

Kegiatan CFD dimulai sekitar pukul 05.00 Wita atau setelah waktu salat subuh sampai sekitar pukul 09.00 Wita. Saat itu, dua ruas Jalan Udayana, Kota Mataram akan ditutup sampai kegiatan warga selesai. (KHN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button