MotoGP

Enam Anjing Pelacak “Dipasang” di Sirkuit MotoGP Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Anjing pelacak dari satuan K9 Dit Samapta Polda NTB “dipasang” melakukan sterilisasi di sirkuit MotoGP Lombok Tengah, Jumat, 13 Oktober 2023.

Tujuan sterilisasi menggunakan anjing pelacak ini untuk menjaga keamanan para penonton dari berbagai ancaman. Seperti bahan peledak maupun barang berbahaya lainnya.

IKLAN

“Ini untuk memastikan setiap sudut di sirkuit Mandalika aman dari gangguan maupun ancaman sekecil apapun,” kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin dalam keterangan pers diterima NTBSatu sore ini.

Total anjing pelacak yang diterjunkan K9 Dit Samapta, sebutnya, berjumlah enam ekor. Anjing pelacak juga dibantu tim Bawah Kendali Operasi (BKO) dari K9 Polda Jawa Timur.

Berita Terkini:

Kemampuan para anjing berbeda-beda. Ada yang punya spesifikasi Handak atau pencarian bahan peledak. Kemudian, ada yang memiliki kemampuan mengendus narkoba.

“Ada juga anjing yang punya kemampuan SAR,” ujarnya.

IKLAN

Sementara Kasubdit Harvet K9 Polda NTB, Ipda I Made Triana menerangkan, saat ini personelnya yang berjumlah satu regu pawang anjing siaga berada di sirkuit Mandalika. Mereka berada di lokasi sejak pra event tiga hari lalu.

“Kami sudah di sini sejak tiga hari yang lalu untuk melakukan sterilisasi lokasi,” ucapnya.

Hingga saat ini, sambungnya, tidak ditemukan adanya indikasi barang atau bahan berbahaya yang mengancam penonton.

“Masyarakat juga kami minta untuk tidak membawa miras, senjata tajam dan barang bahaya lainnya,” pungkas Triana. (KHN)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button