ADVERTORIALSains & Teknologi

Kolaborasi Indosat – NVIDIA Dorong Indonesia sebagai Pemimpin AI Cloud Global

Mataram (NTBSatu) – Memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group berkolaborasi dengan NVIDIA.

NVIDIA Corporation adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika didirikan di Delaware dan berbasis di Santa Clara, California yang berfokus pada chip komputer grafis, sehingga produk-produknya bervariasi mulai dari produk hemat daya hingga performa tinggi.

IKLAN

Kolaborasi ini dikukuhkan melalui Nota Kesepahaman (MoU) tentang pembentukan lanskap teknologi Indonesia.

MoU ini ditandatangani oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona.

“Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat dan Lintasarta yang didukung oleh NVIDIA akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected dan dilengkapi kecerdasan buatan,” ujar President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha.

Dengan menjadi NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia, Indosat, melalui anak usahanya, Lintasarta, akan menghadirkan platform AI full-stack NVIDIA untuk pelaku bisnis di Tanah Air, dan memberikan akses ke teknologi GPU termutakhir dengan pusat data high-density yang terkoneksi dengan internet publik dengan kecepatan hingga 400 Gbps.

IKLAN

“Indosat dan NVIDIA akan mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi,” ungkap Vikram.

Lintasarta menyediakan akses ke kemampuan AI/Machine Learning paling mumpuni yang didesain khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal dengan menggunakan GPU-as-a-Service (Deka GPU).

Saat ini, superkomputer AI adalah infrastruktur penting, dan kolaborasi ini akan menjadi fondasi kuat bagi perjalanan memberdayakan Indonesia menjadi bangsa yang cakap akan AI.

Indosat Ooredoo Hutchison group akan memanfaatkan pusat datanya untuk mewujudkan platform AI yang berdaulat dalam mendorong inovasi lintas ekosistem.

Kolaborasi antar pihak ini diharapkan memosisikan Indonesia sebagai pemimpin AI Cloud global, membawa kemajuan teknologi dan inovasi.

Berita Terkini:

Penerapan teknologi AI mutakhir ini, kata Vikram, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sembari mengurangi biaya operasional lintas industri.

“Teknologi ini nantinya akan diimplementasikan pada pusat data yang diidioperasikan oleh BDx Indonesia, sebuah perusahaan patungan Indosat Ooredoo Hutchison, Lintasarta, dan BDx Data Centers,” imbuhnya.

Sementara Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta, mengatakan, pihaknya sangat antusias menyambut kerja sama dengan NVIDIA.

Langkah ini menandai komitmen kami dalam mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global.

Kolaborasi ini juga akan memberdayakan Indonesia lewat teknologi AI dan layanan cloud termutakhir, mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, dan inovasi teknologi.

“Kami siap untuk merevolusi lanskap digital Indonesia, memimpin jalannya inovasi, dan menciptakan masa depan digital yang berkelanjutan melalui implementasi teknologi tinggi di sektor pusat data,” ujarnya.

Selanjutnya, Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, menambahkan, Indosat Ooredoo Hutchison group melalui Lintasarta sedang memperluas peranannya di Indonesia untuk menyediakan infrastruktur AI yang penting dan berdaulat.

“Kolaborasi ini menawarkan layanan AI Cloud yang berskala dan berkinerja tinggi mengikuti arsitektur sesuai referensi NVIDIA untuk membantu mendorong Indonesia ke garis depan komunitas AI Cloud global,” pungkasnya. (STA/*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button