INTERNASIONAL

Hikmah Isra Mikraj, TGB Zainul Majdi : Acara Keagamaan di Indonesia Begitu Lapang

Mataram (NTB Satu) – Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia TGB HM Zainul Majdi mengajak umat Islam bersyukur tinggal di Indonesia. Di negeri ini peringatan hari besar begitu lapang digelar. Acara diadakan di banyak tempat, seperti acara Isra Mikraj.

“Tidak banyak negara seperti Indonesia, begitu bebas menggelar peringatan hari besar agama, ” katanya saat mengisi tausiah Tabligh Akbar Isra Mikraj di Lapangan Bola Taman Banten Lestari, Kota Serang, Sabtu  18 Februari  2023.

Dijelaskan Ketua Harian Nasional Partai Perindo ini, di negara Arab, pengajian terbatas. Di Mesir hanya di satu tempat menggelar acara keagamaan, biasa dilakukan di masjid paling besar. Acara maulid nabi, Isra Mikraj, dan Nuzulul Quran digelar hanya sekali.

“Beda dengan di Indonesia digelar di kampung-kampung, ” bebernya.

Untuk itu, TGB tak sependapat bila ada segelintir kalangan yang sampai menganggap umat Islam ditindas. Sementara di Indonesia ada Ormas Islam besar yaitu Nahdlatul Ulama.

Belum lagi jumlah masjidnya lebih dari 800 ribu. Tersebar di berbagai pelosok negeri. Jumlah tempat ibadah ini mengalahkan negara Arab.

“Kalau umat Islam ditindas tak mungkin jumlahnya sebanyak ini, ” urai Ketua Umum Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) ini.

Lebih lanjut, di luar negeri juga tak dapat sembarangan ceramah, harus memegang izin dari otoritas setempat.

TGB menceritakan pengalaman saat di Singapura, ada habib tapi tak diijinkan ceramah.

“Disana, undangan ya undangan tak boleh ngomong. Harus lapor dulu ke pemerintah, walaupun ulama besar. Hal sama juga terjadi di Malaysia, pun begitu di Saudi, ” urainya.

Hanya saja, tambah TGB, di Indonesia banyak yang kurang menyadari, bahkan kelewatan saat mengisi pengajian.

“Kadang yang disampaikan jauh dari tuntunan Islam,” tambahnya.

Pengajian dengan tema Hijrah Menuju Pribadi yang lebih baik untuk menjemput Ridha Alloh dihadiri Sultan Banten ke XVII Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerja Atmaja, Ketua DPW Perindo Provinsi Banten Mayjen (Purn) Joko Warsito. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button