ADVERTORIAL

Wakil Dubes Inggris Apresiasi NTB Net Zero Emissions 2050

Mataram (NTB Satu) – Wakil Duta Besar (Wadubes) Inggris untuk Indonesia, Mr. Matthew Charles Downing melakukan kunjungan kerja di NTB. Diterima langsung Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah.

Dalam kunjungan ini, Inggris meneken kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB terkait isu lingkungan, pendidikan, dan pariwisata.

Matthew turut menyoroti komitmen Pemprov NTB dalam program NTB Net Zero Emissions 2050. Ia menyatakan kebanggaan dan kegembiraannya dalam melihat komitmen dan langkah-langkah Pemprov NTB untuk menyukseskan NTB Net Zero Emissions 2050.

“Kami telah mengadakan pertemuan dengan Gubernur NTB dan Wakil Gubernur NTB. Kami memilih NTB karena memang memiliki perhatian tersendiri dengan isu lingkungan. Selain berkolaborasi soal isu lingkungan, kami akan berkolaborasi penanganan lingkungan, pendidikan, dan pariwisata,” ungkap Matthew di Kantor Gubernur NTB, Rabu, 8 Februari 2023.

Pemprov NTB akan menjalin kolaborasi dengan Nottingham University, Inggris terkait penguatan program NTB Net Zero Emissions 2050.

Untuk sektor pariwisata, menurut Matthew, Pulau Bali dan Pulau Lombok adalah destinasi yang sangat populer bagi masyarakat Inggris. Karena Pandemi Covid-19, wisatawan asal Inggris memang tidak banyak yang berkunjung ke Pulau Lombok.

“Namun, kami kini mendorong wisatawan asal Inggris agar kembali ke Pulau Lombok. Inggris adalah negara nomor tiga yang paling banyak berkunjung ke Pulau Lombok,” terang Matthew.

Matthew menjelaskan, pihaknya telah menjalin diskusi yang banyak dan berkualitas dengan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB soal rencana NTB Net Zero Emissions 2050. Ia sangat bangga dengan komitmen dan langkah-langkah Pemprov NTB soal NTB Net Zero Emissions 2050.

“Bagi Pemerintah Inggris, pembebasan emisi adalah isu yang sangat penting. Indonesia dan Inggris memiliki potensi yang baik untuk bekerjasama dalam sektor lingkungan,” tandas Matthew.

Presentasikan NTB Net Zero Emissions 2050, Wagub NTB akan Berangkat ke United Kingdom

Mataram (NTB Satu) – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah M.Pd., dijadwalkan bertolak menuju United Kingdom pada 12 Februari 2023 untuk membahas kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dengan Nottingham University.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Julmansyah S.Hut., M.Ap., mengatakan, Wakil Gubernur NTB, dijadwalkan berkunjung ke Inggris pada 12 Februari 2023 mendatang. Kunjungan menuju Inggris bertujuan untuk membahas kerja sama antara Pempov NTB dengan Nottingham University terkait NTB Net Zero Emissions 2050.

Julmansyah memaparkan, Nottingham University, United Kingdom turut mengapresiasi gagasan NTB Net Zero Emissions t2050. Oleh karena itu, Notthingham University kemudian melakukan scanning cepat terhadap provinsi-provinsi di Indonesia yang memiliki komitmen terhadap penurunan emisi.

“Kehadiran Wagub NTB di COP26, Glasgow tahun 2021 yang mempresentasikan NTB Net Zero Emissions 2050 merupakan momentum yang tepat. Dari situ, Notthingham University memilih NTB untuk diberikan bantuan untuk menyukseskan program penurunan emisi,” ujar Julmansyah.

Notthingham University akan membantu NTB untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan soal rencana NTB Net Zero Emissions 2050, kemudian tukar-menukar mahasiswa S2 dan S3 yang sesuai dengan ketentuan Pemprov NTB dan Northingham University.

Puncak dari kunjungan Wagub NTB ke United Kingdom berupa penandatangan Letter of Intent antara Pemprov NTB dengan Northingham University pada 16 Februari 2023. Selain itu, Pemprov NTB juga akan menyiapkan pertemuan khusus antara Wagub NTB dengan pihak Islamic Relief, United Kingdom yang selama ini bersetia membantu NTB pada isu kebencanaan dan lain-lain.

“Saya meyakini bahwa kerja sama antara Pemprov NTB dengan Northingham University, United Kingdom akan membawa banyak sekali manfaat dan berkah bagi kedua belah pihak,” pungkas Julmansyah. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button