Daerah NTB

Pembenahan Pelabuhan Kayangan – Pototano Diharapkan Selesai Sebelum September 2023

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Provinsi NTB bersama PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) telah melakukan audiensi terkait pengembangan Pelabuhan Kayangan – Pototano yang dijadwalkan selesai pada Oktober 2023. Pengembangan Pelabuhan Kayangan – Pototano berupa fasilitas, standar operasional, dan lain-lain.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah M.Pd., yang turut menghadiri audiensi tersebut berharap agar pengembangan Pelabuhan Kayangan – Pototano dapat terselesaikan sebelum masa jabatannya dan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah berakhir, yaitu September 2023.

IKLAN

Rohmi mengatakan, dalam perencanaan pembangunan, perhatikanlah master plan dengan baik. Ia tidak menganjurkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berpikir tentang anggaran melulu dan melupakan master plan. Ia meyakini, anggaran akan dapat menyesuaikan.

“Karena, Pemerintah Pusat seringkali menuntut master plan terlebih dahulu. Apabila master plan sudah ada, maka Pemerintah Pusat dipastikan dapat membantu,” ungkap Rohmi, di Kantor Dinas Perhubungan NTB, Rabu, 18 Januari 2023.

Menurut Rohmi, pembenahan Pelabuhan Kayangan adalah impian bersama. Rohmi menuturkan, NTB adalah daerah yang kerap kali membuat masyarakat dunia terpukau akan keindahannya. Maka, menjadi kewajiban bagi NTB untuk dapat menjadi pemberi layanan yang benar-benar baik, sesuai dengan kebutuhan standar.

“Pengunjung di NTB tidak mencari gedung-gedung tinggi melainkan pelayanan dan kenyamanan. Maka dari itu. Mari sama-sama beri apresiasi kepada ASDP dan Dinas Perhubungan NTB yang berniat mengubah wajah Pelabuhan Kayangan, dan berbagai pelabuhan lainnya,” terang Rohmi.

IKLAN

Apabila Rohmi berkunjung ke Pulau Sumbawa, ia menyatakan tidak akan berpikir panjang jika diminta naik kapal laut. Sebab, kapal laut di Pelabuhan Kayangan dan Pelabuhan Pototano sangat enak, bersih, dan memiliki toilet yang layak.

“Segala hal yang telah dikerjakan pada bidang perhubungan di NTB sudah berada dalam jalur yang sesuai.Mudahan – mudahan perbaikan Pelabuhan Kayangan dapat terselesaikan sebelum September 2023, tepat sebelum saya dan Pak Gubernur selesai menjabat,” beber Rohmi.

Selanjutnya, Rohmi menyarankan, pemerintah perlu memberi edukasi yang tepat kepada masyarakat agar segala hal dapat terus berjalan dengan baik.

“Apabila nantinya masih terdapat masyarakat yang membuang sampah sembarangan, maka Rohmi meminta untuk diberikan edukasi agar masalah yang sama tidak terulang kembali,” tandas Rohmi. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button