IKLAN
WSBK

BMKG : Ada Potensi Hujan Ringan hingga Sedang Saat WSBK Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Wilayah Provinsi NTB secara umum sudah memasuki musim penghujan di bulan November ini, sehingga intensitas hujan di sejumlah daerah terus terjadi, tak terkecuali di kawasan Mandalika Lombok Tengah. Pada saat digelarnya event World Superbike (WSBK) tanggal 11-13 November 2022, BMKG memprakirakan terjadinya hujan ringan hingga sedang.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi ZAM Alfiansyah Pradana menerangkan, pada hari Jumat, 11 November 2022 cuaca diprakirakan cerah – cerah berawan pada pagi hari, sementara pada siang – sore hari cuaca berawan – hujan ringan. Sedangkan pada malam hingga dini hari, Mandalika diprakirakan akan cerah berawan – hujan ringan.

IKLAN

“Adapun pada hari Sabtu, 12 November 2022 di pagi hari cuaca diprakirakan cerah berawan – berawan. Pada siang – sore hari cuaca berpotensi berawan – hujan sedang, sementara di malam hingga dini hari cuaca diprakirakan dalam kondisi cerah berawan – berawan,” kata Alfiansyah Pradana.

Adapun di hari puncak balapan WSBK pada hari Minggu, 13 November 2022, kondisi cuaca pada pagi hari diprakirakan cerah berawan. Sedangkan pada siang – sore hari diprakirakan cerah – hujan sedang dan di malam – dini hari cuaca cerah berawan – berawan.

“Adapun arah dan kecepatan angin, tenggara – barat daya antara 5-20 knot,” terangnya.

Sebelumnya, Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2022 Jamaluddin Malady Pemprov NTB bersama sejumlah pihak akan segera mendirikan posko terpadu di sekitar Sirkuit Mandalika menjelang WSBK. Pentingnya mendirikan Posko Bersama ini muncul setelah penyelenggara WSBK melakukan rapat dengan BMKG, BPBD, Basarnas, Korem 162/WB, Polda NTB, Dinas Sosial dan pihak terkait lainnya beberapa waktu lalu.

Jamaluddin Malady mengatakan, dalam kesempatan itu sempat dibahas potensi bencana hidrometeorologi di bulan November, mengingat intensitas hujan sudah mulai meningkat. Sehingga potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain sebagainya ikut menjadi atensi bersama.

“Untuk mengantisipasi hal itu kita akan membuat posko terpadu di sekitar sirkuit itu. Mudah mudahan nanti saat WSBK berlangsung tidak terjadi bencana (hidrometeotologi). Kalau hujan turun tidak begitu besar ya Alhamdulillah bisa dingin saat event berlangsung,” kata Jamaluddin.

Terkait dengan cuaca ideal yang diinginkan oleh para pembalap WSBK, ia mengatakan pada dasarnya setiap pembalap memiliki ekspektasi yang berbeda soal cuaca. Hal ini pula yang menjadi bagian dari tantangan para rider di Sirkuit Mandalika.

Namun berkaca dari pelaksanaan event WSBK 2021 dan MotoGP Mandalika 2022, rata-rata kondisi cuaca saat itu sedang turun hujan. Meskipun demikian, pelaksanaan event berjalan dengan lancar. (A)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button