IKLAN
Business

Kerajinan Ketak Lombok Tetap Memikat Pasar Luar Negeri

Mataram (NTB Satu) – Mawar Art Shop, atau Mawar Ketak Lombok sebagai rumah produksi kerajinan ketak di Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat senantiasa menjaga kualitas produksi hasil kerajinannya untuk mempertahankan pasar luar negeri.

Cara ini juga dilakukan untuk mengantisipasi potensi dampak ancaman resesi global tahun 2023 mendatang. Ancaman resesi kini menjadi momok, Indonesia pun bisa terkena dampaknya. Karena resesi dapat menurunkan daya beli, sehingga permintaan-permintaan kebutuhan menjadi berkurang.

IKLAN

Dian Eka Purnama Sari, pengelola Mawar Ketak Lombok menyebut, permintaan luar negeri masih bisa dipertahankan. Misalnya, permintaan dari Jepang, Kanada, dan Korea. Situasi ekonomi global sekarang ini tidak serta merta membuat permintaan langsung sepi.

“Kita berusaha tetap menjaga kualitas, dan kontinyuitas produksi, supaya tetap dipercaya, supaya tetap produk kita dipesan,” kata Dian, Kamis 3 November 2022.

Ekonomi global memang mempengaruhi permintaan ketak, baik domestik, maupun mancanegara. Dalam situasi normal, sekali pesan bisa Rp300 jutaan, atau Rp200 jutaan satu buyer. Saat ini terjadi penurunan permintaan sekitar 20 sampai 30 persen.

Demikian juga pasar domestik permintaannya masih bisa dipertahankan. Meskipun terjadi penurunan 40 sampai 50 persen.

“Tidak sampai permintaan tidak ada sama sekali. Masih tetap ada, baik luar negeri maupun dalam negeri,” imbuh Dian.

Sepi permintaan terjadi hanya 3 bulan saat Covid-19 mulai tahun 2020 lalu. Namun 3 bulan setelahnya, permintaan mulai masuk, hingga saat ini. Sistem penjualan melalui online juga sangat membantu untuk pasar dalam negeri. Pasar luar negeri sangat menggandrungi ketak. Terutama di Jepang, katanya, karena selera fashion di Jepang yang sangat menyenangi produk-produk yang bahan bakunya natural (dari alam).

Ketak dibuat dengan bahan baku penuh yang disediakan dari alam NTB. Sumber utama penyediaan ketak dari Lombok Utara, kaki Gunung Rinjani.

Jenis produk permintaan luar negeri paling banyak tas, dan home dekor dari ketak.

Ada puluhan jenis kerajinan ketak yang dihasilkan di Mawar Ketak Lombok. Dari tas, pas bunga, tempat tisu, hingga beragam macam properti lainnya. Ada yang murni menggunakan bahan baku ketak, ada juga yang dikombinasi dengan fashion. Hasil produksi disini sudah finishing, tinggal kirim. Modelnya beragam, ada juga yang dibuat dengan anyaman motif.(ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button