IKLAN
INFO NTB

Gubernur dan Menag Nilai Gelaran AICIS-21 Dapat Berkontribusi Besar untuk Umat Manusia

Mataram (NTB Satu) – Gelaran Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) ke-21 di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Kamis, 20 Oktober 2022 malam telah dibuka oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Zulkieflimansyah mengatakan, gelaran AICIS-21 dapat memantik pemahaman kembali akan nilai agama di tengah perubahan teknologi, maraknya wabah, dan lain sebagainya. Gelaran tersebut akan membuat harapan masyarakat soal agama sebagai pemberi kedamaian dalam hidup dapat makin meningkat.

IKLAN

“Gelaran ini bukanlah hanya seminar belaka, melainkan membahas isu-isu kontemporer dalam keislaman yang akan membuat masyarakat makin sejahtera. Selain itu, yang membuat AICIS ini makin menarik adalah berdekatan dengan momentum G20 serta berkolaborasi dengan Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram,” jelas Zulkieflimansyah, Kamis, 20 Oktober 2022, malam.

Dengan adanya gelaran AICIS-21, Gubernur berharap agar nilai toleransi antar umat beragama makin dapat dibangun, supaya agama tidak menjadi isu pemicu konflik.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, dalam gelaran AICIS-21, peserta akan memperbincangkan agar agama dapat memberikan kontribusi yang kuat terhadap peradaban umat manusia. Secara umum, itulah motif dari kegiatan tersebut.

Menurut Yaqut, NTB terkenal sebagai daerah yang religius. Oleh karena itu, ia memilih NTB sebagai lokasi gelaran kegiatan bukan tanpa pertimbangan.

“Memilih NTB sebagai tempat kegiatan AICIS adalah langkah yang tepat mengenai cara mendorong agama sebagai jawaban kepada manusia yang pada dewasa ini kerap mengalami ancaman, misalnya kelangkaan pangan, energi, peperangan, dan lain-lain. Agama selalu dapat menjadi jawaban,” pungkas Yaqut. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button