Kota Mataram

Perkuat Isu Hak Kekayaan Intelektual, Unram Gelar Konferensi Internasional

Mataram (NTB Satu) – Untuk mengedepankan kesadaran masyarakat akan isu hak kekayaan intelektual, Fakultas Hukum Universitas Mataram (FH Unram) bersama Asosiasi Pengajar Hukum Kekayaan Intelektual (APHKI) menggelar International Conference and Call for Papers Intellectual Property Rights di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram pada tanggal 13 hingga 15 Oktober 2022.

Konferensi internasional tersebut mengambil tema “Optimizing Intellectual Property Product for Public Welfare” (Optimalisasi Produk Kekayaan Intelektual untuk Kesejahteraan Masyarakat, red). Selain itu, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-60 Unram.

IKLAN

Ketua APHKI, Prof. Dr. OK. Saidin menjelaskan, konferensi internasional tersebut akan membahas beberapa topik penting, seperti vaksin Covid-19 dan kesejahteraan paten, kebijakan di bidang hak kekayaan intelektual yang mendukung ekonomi kreatif, implementasi berbagai kebijakan pariwisata berbasis ekspresi budaya tradisional untuk memperkuat pemulihan ekonomi, dan beberapa tema penting terkait dengan hak kekayaan intelektual lainnya.

Disampaikan pula jika tema konferensi internasional ini erat kaitannya dengan tiga isu prioritas utama yang memerlukan tindakan kolektif secara global.

“Terkait dengan tema seminar kita hari ini yang terkait dengan tema pertemuan Presidency G20 tahun ini, yaitu; Pulih Bersama Pulih Lebih Kuat. Dan terkait pemulihan ekonomi, tidak dipungkiri bahwa isu hak kekayaan intelektual dalam kaitannya dengan Ekonomi Kreatif akan menjadi tema penting dalam pembahasan pertemuan G20,” jelas Saidin, Jumat, 14 Oktober 2022.

Sementara itu, Dekan FH Unram, Dr. H. Hirsanuddin menyebutkan bahwa konferensi tersebut dihadiri oleh 53 delegasi dari Fakultas Hukum seluruh Indonesia, dengan peserta sekitar 150 orang. Dalam kesempatan ini, FH Unram dengan APHKI menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Dekan FH Unram dan Ketua APHKI, Prof. Dr. Ok Saidin, S.H., M.Hum.

IKLAN

“Terdapat beberapa kerjasama yang sedang dalam proses yang dilakukan dengan mitra Fakultas Hukum Unram. Antara lain dengan Kejaksaaan Agung RI, Utrecht University Belanda dan Maspank University,” tandas Hirsanuddin. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button