IKLAN
INFO NTB

Jadi Daerah Tujuan Berwisata, Tapi Kenapa Indeks Kebahagiaan Penduduk NTB Rendah?

Mataram (NTB Satu) – Walaupun terkenal dengan salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata paling baik dan indah, Provinsi NTB masuk ke dalam daftar 10 daerah paling tidak bahagia menurut laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS).

Tingkat ketidakbahagiaan dari setiap daerah, termasuk NTB diukur berdasarkan beberapa faktor penting, yaitu kepuasan hidup warga, perasaan, dan makna hidup. Perlu diketahui, BPS memang telah sejak lama merilis indeks kebahagiaan di sejumlah daerah yang tersebar di Indonesia. Data terakhir yang dikeluarkan adalah indeks kebahagiaan tahun 2021, yaitu sebesar 69,98 persen.

IKLAN

Dosen Psikologi Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram sekaligus Psikolog, Ni Luh Drajati Ekaningtyas M.Psi., mengatakan, bencana gempa bumi pada tahun 2018 dan Pandemi Covid-19 adalah dua hal yang bisa dijadikan penyebab NTB masuk ke dalam daftar 10 daerah paling tidak bahagia.

“Oleh karena itu, NTB memang mengalami masa yang agak sulit dan cenderung berbeda dengan daerah lainnya. Selain itu, terdapat faktor lain yang membuat indeks kebahagiaan masyarakat NTB turun atau merendah,” ungkap Ni Luh Eka, ditemui NTB Satu Senin, 26 September 2022.

Menurut Ni Luh Eka, setelah BPS mengadakan survei baru, indeks kebahagiaan masyarakat NTB mungkin dapat naik. Sebab, NTB telah melewati banyak peristiwa penting, misalnya, MotoGP, Moto Cross Grand Prix (MXGP), World Superbike (WSBK), dan berbagai konser musik dan pentas hiburan lainnya.

“Kalau dari sisi hasil survei yang terakhir, pekerjaan rumah yang dimiliki NTB adalah masyarakat mesti memiliki cara dalam meningkatkan, terutama nilai kepuasan hidup. Di dalam nilai kepuasan hidup, terdapat beberapa hal yang turut mempengaruhi kemudian harus dilakukan oleh pemerintah selaku pengatur kebijakan, yaitu kemudahan dalam mengakses pendidikan, mendapatkan fasilitas-fasilitas umum, dan lain-lain,” jelas Ni Luh Eka.

Untuk masyarakat, Ni Luh Eka menyarankan untuk melakukan gaya hidup yang sehat. Dari gaya hidup yang sehat akan timbul pikiran dan perasaan yang positif.

Berikut ini adalah daftar provinsi dengan indeks bahagia paling rendah menurut hasil survei BPS.

  1. Banten : 68,08
  2. Bengkulu : 69,74
  3. Papua : 69,87
  4. Nusa Tenggara Barat : 69,98
  5. Jawa Barat : 70,23
  6. Nusa Tenggara Timur : 70,31
  7. Sumatera Utara : 70,57
  8. DKI Jakarta : 70,68
  9. Aceh : 71,24
  10. Sumatera Barat : 71,34 (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button