IKLAN
NTB

Masih Terkendala Jalankan Usaha ? Dipersilahkan Konsulitasi ke Provinsi

Mataram (NTB Satu) – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah ini untuk terus meningkatkan produksi yang dibarengi dengan kualitas produk yang memadai.

Jika dalam berproduksi terdapat kendala, pelaku UMKM dapat berkoordinasi dengan Diskop UKM NTB sehingga permasalahan yang ada tertangani dengan baik.

IKLAN

“Dan kalau ada masalah ayo mendekat, sebab kami di provinsi dan temen-temen di kabupaten kota menyiapkan banyak hal yang bisa membaku UMKM untuk bisa maju,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB, Ahmad Masyhuri.

Disebutkan bahwa jika pelaku UMKM kesulitan dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) maka akan difasilitasi pelatihan di Balai Diklat. Pun jika terkendala di kemasan, maka dikoordinasikan dengan balai kemasan.

“Kalau masalah di akses permodalan silahkan datang ke koperasi, nanti kita dampingi, sepanjang ada usahanya saja maka itu bisa mengakses modal yang dibutuhkan,” ujarnya.

Untuk itulah pihaknya meminta para pelaku UMKM agar meningkatkan kuantitas dan kualitas produk. Sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya dijual di seputaran rumahnya tapi mengarah ke pangsa global dan secara online.

Tantangan market globat lanjutnya, selain kuantitas juga harus dibarengi dengan kualitas tinggi. Sebab produk yang akan dijual kepasar global sangat banyak.

“Tidak mungkinlah kita kirim barang keluar negeri kalau jumlahnya kecil. Kalau bisa satu hingga dua kontainer yang dibarengi dengan kualitas baik. Karena tidak ada alasan untuk tidak dilakukan peningkatan, mengingat persaingan itu. Jika tidak memenuhi kualitas yang diinginkan maka barangnya tidak akan laku,” tandasnya.(ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button