Daerah NTB

Kampanye Diet Kantong Plastik, Komunitas asal Surabaya Bagikan Tas Kain ke Peserta CFD Udayana

Mataram (NTB Satu) – Sebagian masyarakat NTB terbilang cukup mengetahui dampak buruk penggunaan kantong plastik sekali pakai terhadap lingkungan. Namun, penggunaannya sangat sulit dihilangkan ataupun dikurangi karena masyarakat sudah terlanjur nyaman menggunakan kantong plastik, selain karena murah, namun juga praktis.

Meskipun memberi banyak kemudahan, namun demi faktor yang lebih besar, penggunaan kantong plastik sekali pakai harus dikurangi. Hal itu yang dikampanyekan oleh Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) NTB bersama Komunitas Nol Sampah Surabaya dengan membagikan kantong kain kepada peserta Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana, Kota Mataram pada Minggu kemarin.

IKLAN

“Pengguna jalan bisa dapat tas kain hanya dengan menukarkan kantong plastik sekali pakai yang dibawa,” ujar Direktur Walhi NTB, Amri Nuryadi, Senin, 15 Agustus 2022.

Tidak hanya kantong plastik, pihaknya juga menerima penukaran segala jenis produk plastik, seperti sedotan dan botol plastik sekali pakai.

“Sedotan dan botol plastik sekali pakai juga ikut ditukar, serta mengampanyekan tentang bahaya penggunaannya terhadap lingkungan, dan mengajak masyarakat untuk membersihkan kawasan Udayana,” imbuh Amri.

Visi misi itu juga sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi NTB Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah, dalam pertimbangan utamanya adalah untuk menjamin hak setiap orang untuk
mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, perlu melakukan perubahan perilaku masyarakat terhadap sampah dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button