Kabupaten Bima

Ini Penjelasan Pemimpin Cabang BRI Raba Bima Terkait Raibnya Dana di Rekening Khairunnisa

Mataram (NTB Satu) – Bank Rakyat Indonesia (BRI) bergerak cepat melakukan investigasi terhadap laporan hilangnya dana di rekening salah seorang nasabah Kantor Cabang Bima, Khairunnisa yang merupakan Bendahara Koperasi Pelita Karya Disnakertrans Kabupaten Bima sebesar Rp165,800 juta sekitar tanggal 15 Juli 2022.

Pemimpin Cabang BRI Raba Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dicky Advia Rahim, menyampaikan beberapa hal terkait peristiwa yang dialami salah satu nasabah di Bima. Bahwa aduan nasabah bersangkutan telah direspon langsung dan sudah dilakukan tindaklanjut dengan investigasi.

IKLAN

Berdasarkan hasil investigasi, disimpulkan nasabah bersangkutan merupakan korban tindak kejahatan social engineering, yang disebabkan nasabah memberikan data transaksi perbankan (password), PIN yang bersifat pribadi dan rahasia sehingga transaksi pemindahan dana dapat berjalan sukses.

Social engineering atau rekayasa sosial adalah sebuah cara untuk mengelabui/memanipulasi korban agar bisa mendapatkan informasi data-data pribadi atau akses yang diinginkan dengan cara memanipulasi si korban dengan cara yang halus.

Dicky mengatakan, BRI menghimbau nasabah, agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM dan juga menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP transaksi, dan sebagainya kepada pihak manapun. Termasuk yang mengatasnamakan BRI.

“BRI berempati atas hal tersebut, namun demikian bank hanya akan melakukan penggantian kerugian kepada nasabah apabila kelalaian diakibatkan oleh sistem perbankan,” jelas Dicky.

IKLAN

BRI juga menghimbau nasabah untuk senantiasa menggunakan saluran resmi website dan social media resmi (verified/centang biru) sebagai media komunikasi yg dapat diakses oleh masyarakat melalui: Web: www.bri.co.id. IG: @bankbri_id. Twitter: bankbri_id, kontak bri, promo_bri. FB: Bank BRI dan YouTube: Bank BRI. Serta Tiktok: Bank BRI

Apabila mendapat notifikasi melalui sms/email atas transaksi yang tidak dilakukan, nasabah agar segera menghubungi Contact BRI 14017/1500017 untuk melakukan pemblokiran rekening. (ABG)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button