IKLAN
Sirkuit samota

“Cross Country” Diharapkan Jadi Pemantik Terselenggaranya Berbagai Gelaran di Sirkuit Samota

Mataram (NTB Satu) – Penyelenggaraan Cross Country di Rocket Motor Circuit Samota bakal tergelar pada Minggu, 17 Juli 2022. Penyelenggaraan tersebut diniatkan sebagai upaya untuk merawat dan terus memeriahkan Rocket Motor Circuit Samota.

Ketua Panitia Cross Country, Eddy Mochtar mengatakan, langkah konkret dalam perawatan Rocket Motor Circuit Samota meliputi penjagaan keamanan sirkuit. Rocket Motor Circuit Samota berjarak 8 kilometer hingga 10 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Sumbawa, sehingga infrastruktur yang telah dibuat bakal rentan dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

IKLAN

Mengenai tata cara menjaga keamanan sirkuit, Eddy menyarankan agar pemerintah Provinsi NTB segera mengurus kepemilikan lahan Rocket Motor Circuit Samota, dari status milik pribadi beralih menjadi milik pemerintah Provinsi NTB agar pengelolaan dan pengamanan sirkuit lebih mudah.

“Terlebih, Infront sudah mengajukan kontrak untuk menyelenggarakan perhelatan MXGP selama lima tahun ke depan,” ujar Eddy kepada NTB Satu, Sabtu, 16 Juli 2022.

Eddy memaparkan bahwa dari pihak akan berbincang dengan Gubernur NTB mengenai strategi pengembangan Rocket Motor Circuit Samota. Strategi tersebut bakal meliputi pengumpulan pegiat otomotif dan pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa dan pemerintah Provinsi NTB untuk mendiskusikan perihal perawatan sirkuit agar tetap menjadi sirkuit terbaik di dunia.

Dalam perhelatan Cross Country, pembalap nasional, Farhan Hendro bakal turut terlibat. Keterlibatan Farhan Hendro didasari oleh rasa penasarannya mengenai performa buruk manakala membalap pada gelaran MXGP.

“Hasil yang tidak maksimal pada MXGP membuat Farhan makin giat berlatih,” papar Eddy.

Sedangkan untuk Nick Murray, Eddy menyampaikan, crosser asal Australia tersebut penasaran dengan Rocket Motor Circuit Samota setelah membaca berita MXGP di kanal-kanal berita internasional.

“Walaupun persiapan waktu hanya 10 hari, Hendro dan Nick Murray tetap bersedia untuk hadir dan memacu kuda besi mereka di salah satu sirkuit terbaik dan tersulit di dunia,” terang Eddy.

Sirkuit MXGP tentu berbeda dengan sirkuit MotoGP. Sirkuit MXGP memiliki kontur tanah yang rentan hancur dan rusak apabila tidak dirawat.

Sampai saat ini, peserta yang sudah mendaftar pada gelaran Cross Country mencapai 600 orang. Eddy menargetkan terdapat 800 peserta yang daftar.

“Event di Rocket Motor Circuit Samota bakal terus berkelanjutan. Bahkan, kami berencana akan terus menghelat gelaran sampai akhir tahun. Bahkan, Kejurnas Motocross akan kami arahkan supaya terselenggara di Rocket Motor Circuit Samota,” pungkas Eddy. (GSR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button