IKLAN
Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika Dibuka untuk Umum, Catat Tarifnya

Mataram (NTB Satu) – Pertamina Mandalika International Street Circuit resmi dibuka untuk umum melalui program Mandalika Track Walk. Salah satu sirkuit terbaik di dunia tersebut dibuka mulai 1 Juli 2022 selama setiap hari dan mulai beroperasi pada pukul 06.30 sampai dengan 09.00 Wita. Khusus hari Sabtu dan Minggu, sirkuit turut dibuka pada sore hari, mulai dari 16.30 sampai dengan 18.00 Wita.

Direktur utama Mandalika Grand Prix Association, Priandhi Satria mengatakan, Mandalika Track Walk dibuat agar masyarakat makin mengetahui berbagai hal mengenai Pertamina Mandalika International Street Circuit.

IKLAN

“Kami membuka sirkuit agar bisa dinikmati oleh masyarakat. Tentu saja dengan syarat-syarat tertentu. Untuk masyarakat lokal akan dikenakan biaya lebih murah daripada masyarakat asing,” ungkap Priandhi, dihubungi NTB Satu, Sabtu, 2 Juli 2022.

Tiket bisa diakses melalui aplikasi Xplorin yang dapat diunduh pada platform Google Playstore dan Apple store. Pengunjung Mandalika Track Day bakal dimintai untuk mengisi nomor identitas Kartu Tanda Penduduk serta alamat surat elektronik saat melakukan pendaftaran pada aplikasi dan memasuki gerbang Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Untuk harga tiket masuk pada Senin sampai dengan Jumat, dikenakan biaya sebesar Rp150.000 bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Sedangkan, Warga Negara Asing (WNA) dikenakan biaya sebesar Rp250.000. Khusus untuk Sabtu dan Minggu, WNI bakal dikenakan biaya sebesar Rp200.000 dan WNA senilai Rp350.000. Setiap tiket hanya berlaku untuk satu orang per sesi.

Perlu diketahui, gerbang Pertamina Mandalika International Street Circuit bakal dibuka 30 menit sebelum jam operasional yang telah ditentukan. Demi kenyamanan bersama, Pertamina Mandalika International Street Circuit hanya boleh dilintasi 100 orang pertama per satu sesi.

“Kami menjamin keselamatan seluruh masyarakat yang menikmati sirkuit. Mandalika Track Walk sebenarnya acara seruan-seruan supaya masyarakat bisa menikmati sirkuit,” ujar Priandhi.

Bagi pengunjung yang membawa motor dan mobil diharapkan untuk mendaftarkan kendaraannya untuk parkir pada aplikasi Xplorin. Penyelenggara telah menyediakan lahan yang nyaman serta cukup dekat dengan gerbang utama sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit. Selain itu, penyelenggara tidak akan menerima segala bentuk transaksi tunai.

Sebagai informasi, pengunjung Mandalika Track Day diperbolehkan untuk berjalan, berlari, mengendarai sepeda di seluruh bagian trek. Pengunjung tidak diperkenankan untuk menggunakan kendaraan selain roda berbahan karet, seperti sepatu roda dan skateboard. Tambahan, pengunjung diperkenankan untuk memakai kostum olahraga yang nyaman dan dilarang memakai sandal.

Pengunjung dilarang keras melakukan aktivitas yang berpotensi merusak lintasan, seperti menumpahkan minyak atau pelumas, serta berbagai bahan lain yang berbahaya. Bila terdapat pengunjung yang merusak fasilitas Pertamina Mandalika International Street Circuit, penyelenggara bakal mengenakan sanksi atau denda.

“Kami kira tidak akan ada bentuk kerusakan sirkuit. Karena, sebelum masuk sirkuit, kami memastikan agar pengunjung tidak membawa benda-benda yang dapat memicu kerusakan,” papar Priandhi.

Penyelenggara menekankan agar seluruh pengunjung Mandalika Track Day tetap berada dalam kondisi yang sehat secara jasmani dan rohani. Penonton harus bertanggungjawab atas kesehatan dan keselamatan diri masing-masing.

Anak-anak di bawah usia 12 tahun harus didampingi oleh pihak keluarga. Sedangkan, ibu hamil harus disertai pendamping serta dianjurkan agar mengikuti kegiatan Mandalika Track Day semampunya. Pengunjung tidak diperbolehkan makan selama berada di trek Pertamina Mandalika International Street Circuit. Pengunjung hanya diperbolehkan membawa satu botol minuman untuk konsumsi pribadi.

“Kami aktif menayangkan segala bentuk kegiatan Mandalika Track Walk di media sosial. Sampai sekarang, masyarakat banyak yang merespons program ini,” tutup Priandhi. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button