IKLAN
MXGP

Kapal Korban Perompak Somalia “Reuni” dengan KRI Banjarmasin di Momen MXGP Samota

Mataram (NTB Satu) – MV Sinar Kudus, sebuah kapal logistik yang dirompak pada tahun 2011 lalu di Perairan Somalia bertemu kembali dengan kapal yang menyelamatkannya kala itu, KRI Banjarmasin. Pertemuan itu terjadi di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa ketika MV Sinar Kudus mengangkut pasokan jagung dan KRI Banjarmasin sendiri sedang bersandar karena hendak dijadikan akomodasi untuk penonton Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota pada 24-26 Juni 2022 mendatang.

“Ini kebetulan, Sinar Kudus sedang sandar di sini, kita juga di sini. Jadi tidak diskenariokan,” ujar Lettu Laut (P) Kevin Syaifullah, S.T.Han., yang saat itu sedang bertugas di KRI Banjarmasin, Kamis, 23 Juni 2022.

IKLAN

Kapal Sinar Kudus dibajak di Perairan Somalia pada 16 Maret 2011. Lalu digunakan sebagai mothership oleh pembajak untuk beroperasi ke utara sampai Teluk Oman. Sehari setelahnya, Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono mendapat laporan. Lalu proses operasi pembebasan direncanakan. Pembebasan 20 ABK MV Sinar Kudus itu ditangani oleh Satgas Merah Putih yang diketuai oleh Laksamana Ahmad Taufiqoerachman.

Setelah itu, dikirim dua jenis Kapal Perusak, KRI Yos Sudarso 353 dan KRI Halim Perdana Kusuma 355, dan 1 kapal LPD, KRI Banjarmasin. Selain kapal tersebut, juga terdapat helikopter, tank, dan kapal sea raider. Termasuk di dalamya Satuan khusus Angkatan Laut (Denjaka Marinir), Satuan Khusus Angkatan Darat (Kopasus) dan elemen khusus udara.

Selama 45 hari proses pembebasan, 20 ABK tersebut berhasil diselamatkan dengan uang tebusan Rp38,5 miliar.

Diakui Lettu Kevin yang saat itu menjadi siswa Akademi Angkatan Laut, operasi pembebasan itu dilakukan dengan sangat rahasia, agar para perompak tidak mendapat informasi pergerakan Satgas Merah Putih sedikitpun.

“Itu dulu sangat rahasia, kita yang jadi siswa pun tidak tahu. Setelah diselamatkan baru ramai di Angkatan Laut,” tutup Kevin. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button