MXGP

Catat, ini Tempat Penting dan Menarik di Sekitar Sirkuit MXGP Samota

Mataram (NTB Satu) – Di sekitar Sirkuit Motocross Grand Prix atau MXGP di Samota, Kabupaten Sumbawa terdapat belasan tempat penting dan menarik yang direkomendasikan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (DPPD) Provinsi NTB untuk melengkapi perjalanan para penonton MXGP. Tempat-tempat itu mulai dari kantor keamanan hingga tempat berwisata.

Pertama, untuk akses keamanan maupun pengaduan, berjarak 9 kilometer dari lokasi Sirkuit ke arah selatan, ada Polres Sumbawa Besar di Jalan Hasanudin. Lalu berdekatan dengan lokasi kantor polisi tersebut, ada rumah ibadah Masjid Agung Sumbawa Besar, dan Gereja Pantekosta di jalan yang sama. Selain itu yang tidak kalah penting, di depan Polres Sumbawa Besar ada Rumah Sakit Umum Sumbawa Besar.

IKLAN

Sedangkan untuk kebutuhan mobilisasi, 14 kilometer dari sirkuit ada Pelabuhan Badas dan Terminal Sumer Payung yang terletak di Jalan Garuda. Sedangkan untuk akomodasi yang cukup berkelas, ada Samawa Seaside Cottage yang berjarak 3,9 kilometer dari utara Sirkuit MXGP. Ada juga Hotel Grand Samota di dekat Jembatan Samota, Hotel Bandara Kaloka di Jalan Garuda, dan masih banyak lagi.

Apabila ingin berkunjung ke situs bersejarah, pengunjung bisa datang ke Istana Dalam Loka. Rumah adat tersebut merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Sumbawa, yang mana menjadi tempat kediaman raja-raja yang berasal dari Kabupaten Sumbawa. Istana Dalam Loka dibangun pada tahun 1885 oleh sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa, Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III.

Sedangkan untuk wisata pantai, 2 kilometer ke utara Sirkuit MXGP ada pantai berpasir putih yang dihiasi hamparan bukit bernama Pantai Sandro Pole, Ai Lemak, dan Ai Loang. Selain itu ada Pantai Jempol, Pantai Salipea Ate, Pantai Empan, dan Pantai Batu Gong di sebelah barat sirkuit.

“Cek dan pahami peta tempat-tempat penting di sekitar lokasi Sirkuit Samota Sumbawa ini, supaya liburanmu semakin berwarna saat menonton,” ujar Ketua BPPD Provinsi NTB, Ari Garmono, Kamis, 23 Juni 2022. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button