IKLAN
MXGP

Mengenal Pembalap MXGP dan Ketentuan Lombanya

Mataram (NTB Satu) – Ajang balap MXGP pertama kali digelar pada 1957. Motorcross berasal dari kata Moto yang berarti Motor dan Cross yang berarti lintas negara (CrossCountry).

Seperti MotoGP, MXGP dibagi menjadi beberapa kelas berbeda. Sebelumnya MXGP dibagi menjadi MX1 dan MX2 namun infront merubah MX1 menjadi MXGP sedangkan MX2 tetap dengan nama yang sama. Setiap seri MXGP terdiri dari 2 balapan, masing masing berdurasi 30 menit plus dua putaran per balapan. Seri ini menjalankan 18 ronde dengan dua balapan per kelas di setiap ronde.

IKLAN

Sama seperti MotoGP, MXGP juga bergantung pada poin sebagai penentu nilai kemenangan. Dimana pembalap dengan poin terbanyak akan menjadi juara dunia.

Sementara itu untuk menguji skill dan ketangkasan para riders, beberapa rintangan berupa gundukan-gundukan tanah yang wajib dilalui di sirkuit telah disiapkan diantaranya Single Jump, Double Jump, Table Top, Whoops dan Booter.

single jump. foto : IG/mxgp_sumbawa

Untuk Pembalap MXGP Seri 12 berdasarkan rilis Website resmi MXGP berjumlah 35 Pembalap dari 24 Team, 18 Pembalap MX2 dari 25 Team, dan 13 Pembalap WMX. Jumlah kru dan pembalap sendiri diperkirakan mencapai 500 orang dan berasal dari 20 negara dan direncanakan akan tiba di Sumbawa pada 21 Juni 2022.

Pemprov NTB melalui akun Instagram sebelumnya merilis beberapa pembalap MXGP namun belum dipastikan apakah para riders Motocross itu akan menjejaki sirkuit samota atau tidak.

Sementara menunggu rilis resmi, berikut beberapa pembalap dari beberapa team yang harus kamu tau sebelum nonton MXGP :

  1. Romain Febvre : Kawasaki Racing Team MXGP
  2. Arminas Jasikonis : Gebben Van Venrooy Yamaha Racing
  3. Jed Beaton : F&H Racing Team
  4. Benoit Paturel : Team Ship to Cycle Honda SR Motoblouz
  5. Thomas Kjer Olsen : DIGA Procross KTM Racing
  6. Calvin Vlaanderen : Gebben Van Venrooy Yamaha Racing
Sejumlah pembalap mxgp. Foto : IG/ntbprov

Setelah akhirnya rampung dan siap dijejaki, Sirkuit Samota yang diketahui menjadi sirkuit ke 4 terpanjang digelaran MXGP 2022 itu, tidak hanya akan menghadirkan balapan semata. Dari 24 hingga 26 Juni nanti, event pendukung lainnya juga akan turut unjuk kebolehan diantaranya atraksi kembang api, balapan kerbau, pacuan kuda hingga gelaran konser. (NIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button