Advertorial

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Terus Berupaya Bangun SDM Berkualitas

Mataram (NTB Satu) – Perpustakaan memiliki kontribusi dalam membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pasalnya, SDM berkualitas dapat tercipta apabila masyarakat memiliki ruang intelektual yang mumpuni. Oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB terus berfokus untuk memperbaiki kinerja.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, H. Amir S.Pd., M.M., mengatakan, NTB harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Pasalnya, NTB akan menjadi daerah yang terus bertumbuh di kemudian hari.

“Manusia yang cerdas, adaptif, inovatif, kreatif, dan terampil, dapat bermanfaat bagi pembangunan karakter bangsa,” ujar Amir, dalam sambutan Bedah Buku Catatan Orang Dalam karya Nur Elya Anggraini, di Aula Perpustakaan Daerah NTB, Selasa, 24 Mei 2022.

Amir juga menyampaikan, perpustakaan punya kontribusi besar dalam membangun masyarakat yang berpengetahuan. Oleh karena itu, budaya literasi harus ditumbuhkan kemudian terus dikembangkan kepada masyarakat.

“Baik di kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, desa, peran perpustakaan dan gerakan literasi masyarakat harus mendapat perhatian penuh,” terang Amir.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah menyarankan agar pengelola perpustakaan menyiapkan bahan bacaan yang relevan dan sesuai dengan tantangan beserta kebutuhan masyarakat.

“Sudah saatnya perpustakaan menjadi ruang belajar kontekstual. Permalasahan dan potensi dari masyarakat di sebuah desa, harus dipraktikkan di perpustakaan desa,” ungkap Julmansyah ketika membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan – Teknologi Informasi dan Komunikasi, Rabu, 11 Mei 2022.

Lebih lanjut, Julmansyah menerangkan, mencari buku-buku yang relevan mengenai budaya atau gaya hidup masyarakat tertentu, juga sangat penting untuk diperhatikan. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button