NTB

Latsitarda Nusantara Ke-42 di NTB, Para Taruna akan Berbaur dengan Masyarakat

Mataram (NTB Satu) – Peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-42 mengikuti pembekalan dan gladi bersih di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Jumat 13 Mei 2022. Mereka merupakan taruna tingkat IV (akhir) dari Akademi Militer(Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian serta Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Kearifan lokal NTB diperkenalkan dalam pembekalan ini.

Pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara ke-42 tahun 2022 secara resmi akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam acara gladi bersih tersebut, dihadiri langsung oleh Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah; para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB; dan ratusan peserta dan panitia dari gabungan TNI, Polri, dan IPDN.

Pada pembukaan acara, diisi dengan pertunjukan musik tradisional sasak atau gamelan sasak, lalu dilanjutkan dengan pertunjukan drum band oleh taruna akademi TNI, Kepolisian, dan Praja IPDN.

Peserta drum band Latsitardanus saat melakukan atraksi (Foto: Khairurrizki)

Acara dilanjutkan dengan pidato pembekalan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Dalam pidatonya, Zulkieflimansyah memberi ucapan selamat datang dan berterima kasih karena NTB telah dipillih sebagai tempat berlangsungnya Latsitardanus yang ke-42 tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Bang Zul sapaan akrabnya, tidak lupa mempromosikan event bergengsi yang akan diselenggarakan di NTB pada Juni mendatang, yakni Motocross Grand Prix atau MXGP di Samota.

“Dalam waktu dekat, di NTB akan diselenggarakan event internasional yaitu MXGP, setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan MotoGP,” kata Bang Zul.

Selain itu, Bang Zul juga memperkenalkan kepada peserta, betapa kayanya Provinsi NTB dengan keragaman, baik segi budaya, bahasa, maupun agama.

“Provinsi NTB dapat menjadi replika Indonesia, agamanya yang bermacam-macam, sukunya juga banyak dan budaya juga yang beragam. Semua itu ada di NTB. Saya ucapkan selamat belajar dan berdialog dengan seluruh kalangan masyarakat di NTB,” seru Bang Zul.

Penonton berfoto dengan peserta Latsitardanus ke-42 di Kantor Gubernur NTB. (Foto: Khairurrizki)

Latsitarda merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV (akhir) Akademi Militer(Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian, sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, kegiatan Latsitarda Nusantara ke-42 Tahun 2022 di NTB akan digelar selama satu bulan dan diikuti oleh 287 Taruna Akademi Militer, 106 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), 108 Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), 246 Taruna Akademi Kepolisian, dan 100 Praja IPDN.

Ia juga mengungkapkan, beberapa tugas yang akan dilakukan diantaranya memperbaiki rumah ibadah, perbaiki jalan, perbaiki sekolah, dan lain sebagainya.

“Ini akan sangat membekas dan kita juga dulu berkerja seperti itu, jalan jauh dan sebagainya. Karena semakin sulit dan menantang maka akan semakin mendalam memorinya,” tuturnya.

Peserta Latsitarda di NTB akan mengikuti prosesi pembukaan di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, pada Sabtu 14 Mei 2022. Setelah itu, para peserta akan mengikuti defile drumband dari depan Pendopo Gubernur sampai Mayura. Kemudian dari Mayura dijemput dari tim kabupaten/kota di Pulau Lombok untuk penempatannya. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button