Daerah NTB

Hari Buku Internasional, Simak 5 Buku Paling Banyak Dipinjam di Perpustakaan Daerah NTB

Mataram (NTB Satu) – Di perayaan Hari Buku Internasional 2022 pada 23 April 2022, NTB Satu hendak memberi tahu lima judul buku paling banyak diminati masyarakat yang berkunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB.

Lima judul buku tersebut rata-rata dibaca oleh kalangan siswa dan mahasiswa. Meskipun beberapa buku ada buku baru dan lama, makna dan nilai moral di dalam buku tersebut tidak lekang oleh masa.

Simak kelima buku yang paling banyak diminati:

  1. Metode Research – Prof. Dr. S. Nasution, MA.

Sepanjang tahun 2022, jumlah peminjam buku Metode Research mencapai angka delapan orang. Buku ini memaparkan berbagai hal tentang penelitian ilmiah, memilih usul tesis/disertasi, mencari masalah, menentukan desain penelitian, melakukan hipotesis, pengukuran, serta validitas dan reabilitas, membuat metode sampling dan metode pengumpulan data, penggunaan sumber sekunder dan kepustakaan, lalu yang tidak kalah pentingnya adalah penyelesaian akhir yang menentukan.

Kelengkapan tersebut akan membantu calon sarjana membuat karya tulis ilmiah yang tidak hanya bernilai secara fisik namun juga bermanfaat bagi para pembacanya. Penulisan ilmiah adalah suatu cara menulis yang didasarkan pada penelitian ilmiah dengan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan. Buku ini diterbitkan di Kota Jakarta oleh Bumi Aksara pada tahun 2009.

  1. Diksi dan Gaya Bahasa – Gorys Keraf

Berbeda dengan Metode Research, peminjam buku Diksi dan Gaya Bahasa mencapai angka tujuh orang di sepanjang tahun 2022. Dalam buku ini, Gorys Keraf mengurai secara sistematis Bahasa Indonesia yang mudah dipahami, dan disertai contoh-contoh yang konkret agar pembaca juga tertarik dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Buku ini tentunya menolong para mahasiswa atau siapa saja yang ingin menulis karangan dengan baik dan benar.

Buku ini memiliki halaman sebanyak 152 lembar dan diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta pada tahun 2004.

  1. Ekonomi Makro – Ali Ibrahim Hasyim

Peminjam buku ini berjumlah lima orang di sepanjang tahun 2022. Ekonomi Makro adalah buku yang mempelajari perilaku perekonomian secara keseluruhan atau secara agregat. Ruang lingkup Ekonomi Makro meliputi kemakmuran, resesi, output barang, jasa perekonomian, laju pertumbuhan output, laju inflasi, pengangguran, neraca pembayaran dan nilai kurs.

Buku ini bakal membantu pembaca dalam menelaah dan mengkaji ekonomi secara menyeluruh. Maka, Ekonomi Makro memberi penekanan pada perilaku dan kebijakan ekonomi yang dapat memengaruhi kondisi-kondisi: perilaku konsumsi dan investasi, faktor penentu perubahan, upah dan harga, kebijakan fiskal dan moneter, stok uang beredar, anggaran belanja pemerintah, suku bunga, dan utang pemerintah. Dengan demikian, fokus bahasan Ekonomi Makro menyangkut berbagai persoalan inti perekonomian secara aktual. Buku ini diterbitkan di Kota Jakarta oleh penerbit Prenada Media Group pada tahun 2016.

  1. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan – A. Muri Yusuf

Berbeda dengan Ekonomi Makro, jumlah peminjam buku ini berjumlah enam orang di sepanjang tahun 2022. Asesmen merupakan proses pengumpulan informasi secara sistematis terhadap masing-masing komponen, kegiatan dan pendidikan dan/atau pembelajaran, sedangkan evaluasi merupakan proses pemberian makna, arti dan nilai terhadap asesmen.

Oleh karena itu, buku ini bakal memberitahu asesmen dan evaluasi merupakan bagian integral dari pendidikan dan upaya pengendalian mutu pendidikan. Selain itu, di dalam buku ini terdapat asesmen sumatif dan formatif (summative and formative assessment) dalam konteks pendidikan, yang diarahkan untuk menilai proses serta hasil belajar peserta didik kemudian perbaikan proses pendidikan yang dilakukan pendidik. Selain itu, buku ini menghimpun data dan informasi yang tersedia dilakukan untuk dijadikan acuan dalam pengendalian dan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan (Continously quality improvemenf).

Buku ini diterbitkan di Kota Jakarta oleh penerbit Kencana pada tahun 2017.

  1. Metode Penelitian Kuantitatif – Erwan Agus Purwanto, Ph.D

Sama seperti buku Asesmen dan Evaluasi Pendidikan, jumlah peminjam buku ini berjumlah enam orang. Buku ini memadukan hal-hal yang bersifat konseptual dan aplikatif terhadap berbagai prinsip penelitian kuantitatif. Misalnya, cara membuat desain penelitian, cara mengembangkan instrumen penelitian, pengolahan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan.

Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kasus dan ilustrasi empiris dalam pemaparannya. Diterbitkan pada tahun 2017 di Kota Yogyakarta oleh Penerbit Gava Media.

Demikianlah lima daftar judul buku yang paling banyak dipinjam oleh pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB. Dengan datangnya Hari Buku Internasional, semoga geliat literasi di NTB makin berdaya dan berkembang. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button