Daerah NTB

Jadikan Arsip Sebagai Transisi Sejarah Menuju Dunia Global

Mataram (NTB Satu) – Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Julmansyah, M.Ap terus menanamkan keyakinan kepada semua orang pentingnya arsip sebagai memori kolektif bangsa. Dengan arsip bahkan bisa mengajak pada transisi sejarah menuju dunia globalisasi.

Hal itu disampaikan Julmansyah saat menjadi pembicara pada Kegiatan Bimbingan Teknis bagi para Arsiparis dan Tenaga Pengelola Kearsipan Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, berlangsung Tanggal 16 – 18 Februari 2022 di desa Destinasi Wisata Dunia Tetebatu.

Sesuai dengan tema, “Jadikan Arsip sebagai bagian dari Transaksi Sejarah Menuju Globalisasi”, Julmansyah berharap semua ASN berpikir besar tentang Arsip, tidak sebatas sebagai dokumen biasa.

Peserta berjumlah 30 orang yang berasal dari perwakilan OPD Lingkup Pemda Lombok Timur dengan waktu 23 jam pelajaran.

Julmansyah saat itu membawakan materi Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur. Ia mengatakan, bahwa permasalahan teoritis kearsipan telah bergeser. Diantaranya, dari arsip sebagai produk ke proses penciptan arsip, dari mengkaji arsip dari sudut struktur ke sudut fungsi, dari arsip sebagai arsip perekaman konteksnya, dari undangan kegiatan yang terjadi secara alamiah atau produk sampingan, dari kegiatan administrasi ke penciptaan arsip yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan yang secara arsip mengarsipkan memori sosial.

Harapannya setelah Bimbingan Teknis bagi para peserta mampu mengaplikasikan materi yang diterima oleh peserta ke masing-masing tempat kerja, serta meningkatkan kapasitas dan keahlian para arsiparis sesuai dengan tema yang diangkat. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button