Daerah NTB

Dorong Kebangkitan UMKM, Pesona Khazanah Ramadan Diselenggarakan 2 Pekan

Mataram (NTB Satu) – Sebanyak 50 gerai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membuka lapak produk unggulannya dalam festival Pesona Khazanah Ramadan, yang diselenggarakan di lapangan Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB sejak Jumat 15 April 2022.

Kegiatan diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat, festival tersebut akan diselenggarakan selama 2 pekan kedepan.

IKLAN

“Pesona Khazanah Ramadan ini dilaksanakan 2 minggu, sekarang(15/4) pembukaannya,” ujar Kepala Dispar NTB, Yusron Hadi pada Jumat, 15 April 2022.

Sebagian besar gerai diisi oleh UMKM produk makanan, dan sisanya adalah produk busana dan kerajinan.

Salah satu tujuan diselenggarakannya festival tersebut, untuk mendorong kebangkitan UMKM lokal setelah melewati masa sulit karena pandemi Covid-19.

“Kita harapkan, dengan Pesona Khazanah Ramadan tahun ini bisa mendorong kebangkitan UMKM. Karena saat pandemi ini, UMKM kita banyak mengalami dampak, dan tentu kita harus memperbanyak kesempatan mereka untuk menampilkan produk mereka,” imbuh Yusron.

Setelah dua tahun tidak dapat diselenggarakan, ada sesuatu yang baru dalam Pesona Khazanah Ramadan kali ini, yaitu pameran pondok pesantren. Dalam festival tersebut, 6 pondok pesantren yang terlibat akan menampilkan produk unggulan yang mereka ciptakan. Selain itu, mereka juga bisa mensosialisasikan program unggulan pondok pesantrennya, sebagai daya tarik bagi calon santri.

“Kita ingin menampilkan profil pesantren yang ada di NTB, mereka juga bisa menampilkan produk – produk kreatif dari pesantren mereka. Ini sebagai wadah kita memperlihatkan, bahwa pondok pesantren di NTB juga tidak kalah dengan yang di luar,” terangnya.

Selain itu, akan ada iringan pentas hiburan islami selama penyelenggaraan, seperti fashion show islami, hadrah (musik rebana),dan nasyid (nyanyian islami).

Pada festival tersebut, pengunjung yang menjadi target adalah masyarakat lokal dari Kota Mataram dan sekitarnya. Sehingga Yusron mengharapkan, Pesona Khazanah Ramadan pada tahun – tahun yang akan datang dapat diselenggarakan jauh lebih besar, dan dapat mendatangkan pengunjung yang lebih banyak. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button