Lombok Barat

Pantai Orong Bukal yang Sedang Viral, ‘Surga Tersembunyi’ di Sekotong

Mataram (NTB Satu) – Ada sebuah tempat wisata yang belakangan ini banyak diperbincangkan di media sosial karena unggahan foto Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah di akun Facebooknya pada Senin, 21 Maret 2022. Foto dalam unggahannya itu adalah surga tersembunyi bernama Pantai Orong Bukal.

Orong Bukal ini adalah sebuah spot mirip laguna yang dikelilingi dengan tebing cadas yang memesona. Alamat lengkapnya berada di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Waktu tempuh dari Kota Mataram sekitar 1,5 jam apabila menggunakan sepeda motor. Sedangkan dari lokasi parkiran berjalan kaki sampai pantainya, akan memekan waktu sekitar satu jam dengan trek menanjak.

Tips buat yang mau kesana, sebaiknya membawa tali yang kuat dan panjang dari rumah, karena banyak sekali tanjakan dan turunan tebing yang mewajibkan penggunaan alat bantu tali.

Selain biru air yang jernih dan tebing yang berdiri gagah, di laguna tersebut juga terdapat goa yang dialiri air dan berpenghuni kelelawar. Bisa jadi hal itu menjadi asal penamaan Laguna tersebut, yakni ‘orong’ dalam bahasa sasak yang berarti ‘tempat/ lokasi’ dan ‘bukal’ berarti kelelawar.

Laguna tersebut belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga banyak orang yang belum mengenal tempat ini. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button