ADVERTORIAL

Kadisnakertrans NTB: Pemerintah Harus Bangun Hubungan Harmonis antara Pekerja dan Pengusaha

Mataram (NTB Satu) – Kepala Disnakertrans NTB, I Gede Putu Aryadi mengatakan, pemerintah dan pekerja sama-sama memiliki kedudukan yang penting. Menurut Gede, perusahaan tidak akan pernah maju jika tidak memenuhi setiap hak pekerja.

Selain itu, pengusaha pun mengemban peran penting. Sebab, pengusaha adalah pencipta lapangan kerja.

IKLAN

“Pemerintah harus menyediakan wadah supaya tercipta keadilan dan hubungan harmonis antara pekerja dan pengusaha,” ujar Gede, Senin, 22 Mei 2023.

Gede menjelaskan, pengusaha harus menjadikan pekerja bagian dari keluarga yang mesti dilindungi. Sebab, jika pekerja telah nyaman, maka akan menorehkan kinerja terbaik untuk perusahaan.

Berdasarkan data BPS 2022, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mencapai 2,89 dari angkatan kerja yang mencapai 2,80 juta orang. TPT NTB turun sebesar 0,3 persen jika dibandingkan dengan Agustus 2021 yang mencapai 3,01 persen.

Pemerintah telah mengadakan berbagai program pelatihan yang terkoneksi dengan dunia industri. Sehingga, Sumber Daya Manusia (SDM) daerah memiliki kompetensi dan keterampilan yang sesuai kebutuhan.

IKLAN

“Seluruh pihak mesti menyiapkan strategi untuk mengurangi kesenjangan antara pertumbuhan kesempatan kerja dengan pertumbuhan angkatan kerja yang terus meningkat. Sehingga, pihak terkait dapat menyerap angkatan kerja dan tidak menambah jumlah pengangguran,” tandas Gede. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button