INTERNASIONAL

Sudah Masuk April Nih, Yuk Kenalan dengan Sejarah April Mop yang Sudah Ada Sejak Tahun 1.500-an

Mataram (NTBSatu) – Setiap 1 April, masyarakat di berbagai dunia termasuk Indonesia rutin merayakan April Fools Day atau juga dikenal dengan April Mop.

Sebuah hari di mana lelucon dan tipuan secara sengaja dilakukan bersamaan oleh banyak orang kepada orang lain tanpa merasa bersalah.

IKLAN

Bagaimana Asal-usul April Mop?

Menurut para ahli di Museum of Hoaxes, teori populer mengenai asal-usul April Mop melibatkan adanya reformasi kalender Prancis abad ke-16 yang dimulai pada tahun 1582.

Saat itu Prancis beralih menggunakan kalender Gregorian dari kalender sebelumnya, Julian, sebagaimana diminta oleh Dewan Trent pada tahun 1563.

Pada kalender baru, perayaan tahun baru yang sebelumnya dirayakan pada setiap 1 April berubah menjadi 1 Januari.

Namun, tidak semua orang dapat menerima perubahan kalender ini. Banyak orang yang tetap merayakan tahun baru pada tanggal 1 April.

IKLAN

Akibatnya, kelompok modern yang merayakan tahun baru pada 1 Januari mulai mengolok-olok mereka yang masih mempercayai 1 April sebagai tahun baru.

Kelompok orang-orang modern ini mencoba mengelabui kelompok tradisional agar percaya dengan apapun yang mereka katakan, meski itu tidak benar.

Hingga lambat-laun, praktik ini mulai menyebar ke seluruh Eropa.

Para korban disebut dengan poisson d’avril (ikan di bulan April) yang berarti lambang ikan yang mudah ditangkap dalam arti orang tersebut mudah tertipu.


Lihat juga:

IKLAN
1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button