Business

Ratusan IKM Terbaik NTB Siap Layani Penonton Saat MotoGP

Mataram (NTB Satu) – Dinas Perindustrian Provinsi mengajukan sebanyak 200 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk dikurasi atau diseleksi dalam rangka menyambut gelaran MotoGP.

Seperti diketahui, sebelumnya Sirkuit Mandalika Lombok dikenal sebagai lokasi perhelatan World Superbike (WSBK) pada November 2021 lalu.
Pada Maret 2022 ini, Sirkuit Mandalika kembali menarik perhatian dunia karena terpilih sebagai lokasi gelaran seri II MotoGP.

IKLAN

Menyambut itu, tanggal 20 Januari 2022, Dinas Perindustrian Provinsi NTB bersama Dinas Koperasi UMKM, Dekranasda NTB, dan Dinas Perdagangan mengadakan rapat persiapan daerah guna menyambut MotoGP. Rapat diselenggarakan di Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB.

Rapat  tersebut secara garis besar membahas beberapa hal. Pertama, kesiapan 17 areal yang nantinya diperuntukan sebagai lokasi UMKM untuk memasarkan produk mereka. 17 areal itu berlokasi di Parkir Timur Sirkuit, Parkir Barat Sirkuit, Bagian Dalam Sirkuit, Beach Park Mandalika, Bandara, Pelabuhan Gili Mas, Bangsal, Eks Bandara Selaparang, Taman Sangkareang, Eks BLK Internasional, RS Mandalika, dan Islamic Center.

Kedua, Penetapan jumlah UMKM untuk setiap areal, dimana secara keseluruhan akan ada 1.023 UMKM yang akan dilibatkan dalam perhelatan MotoGP 2022.

UMKM tersebut merupakan UMKM binaan pemerintah provinsi dan  Kabupaten/Kota serta BUMN, BUMD, dan Swasta yang bergerak di industri kuliner, fesyen, kerajinan, dan lainnya.

“Dinas Perindustrian Provinsi NTB akan mengajukan 200 UMKM terbaik untuk dikurasi,” kata Kepala Kepala Dinas Perindustrian NTB, Hj. Nuryanti melalui Kepala Bidang Kerjasama, Pengawasan, Promosi dan Investasi Dinas Perindustrian Ely Suryani.

Ely mengatakan bahwa, nantinya dari 200 UMKM tersebut hanya akan dipilih sebanyak 150 IKM terbaik. Mereka akan dilibatkan saat perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Ketiga, Pembagian sponsorship untuk setiap areal. Berikut adalah beberapa sponsorship yang akan khusus memfasilitasi UMKM di 6 areal disekitar sirkuit, seperti PT. Aman Mineral, BRI, dan PNM di satu areal parkir timur. ITDC di satu areal parkir barat. Lalu Kemenkop, Pertamina, Hipmi, Bank Indonesia, Varindo, Jasindo dan OJK di tiga areal dalam sirkuit. Terakhir, Telkom, PLN, Pegadaian, dan Taspen satu di Beach Park Mandalika.(BKA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button