NTB

50.000 Tenaga Kerja akan Terserap di Pagelaran MotoGP Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB mengklaim bahwa sekitar 50 ribu tenaga kerja lokal akan terserap ketika event MotoGP berlangsung Maret 2022 mendatang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, I Gede Putu Aryadi, mengatakan, kehadiran sejumlah event balapan dunia di Mandalika, mempercepat pertumbuhan kesempatan kerja masyarakat.

IKLAN

“Pengangguran terbuka di NTB semakin berkurang. Terbukti waktu WSBK kemarin,” imbuh Gede menjawab ntbsatu.com, Senin, 31 Januari 2022.

ia optimis bahwa peluang kerja bagi warga lokal akan terbuka lebar saat  balapan kelas kakap (MotoGP) digelar di Pulau Lombok.

Kadisnakertrans NTB menerangkan, 50 ribu tenaga kerja tersebut lebih banyak terserap dari sektor informal ketimbang sektor formal.

“Nanti sektor UMKM UMKM dan jasa transportasi lebih banyak dibutuhkan dibanding sektor formal seperti tenaga kerja di hotel,” jelasnya.

Atas dasar itu, lanjut Gede, pihaknya telah mengubah pola pelatihan tenaga kerja dengan cara berkolaborasi langsung bersama dunia industri.

“Saat ini, pola magang atau pendampingan tidak hanya di BLK, tetapi juga kami siapkan untuk magang di hotel-hotel,” pungkas Gede.

Dikatakan Kadisnakertrans NTB, dengan hadirnya berbagai event berkelas internasional di NTB, harusnya menjadi momentum bagi warga lokal untuk bersungguh-sungguh menyiapkan diri.

“Kita harus produktif dan kreatif. Pekerjaan bukan hanya PNS,” ujarnya. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button