NTB

BSKDA NTB Apresiasi Aksi Nelayan di Bima Selamatkan Hiu Tutul

Bima (NTB Satu) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB mengapresiasi tindakan nelayan di Desa Kalejena, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Mereka melepas kembali Hiu Tutul yang terperangkap jala nelayan Kamis, 20 Januari 2022 kemarin.

Masyarakat sepertinya semakin paham tentang hewan atau biota laut yang dilindungi dan tidak boleh ditangkap, apalagi konsumsi.

IKLAN

Kabar terperangkapnya Hiu Tutul itu sampai ke Kepala SKW III Bima-Dompu, Bambang Dwi Harto. Pihaknya pun mengapresiasi, karena mamalia laut itu sudah dilepaskan.

Belajar dari kejadian itu, termasuk penemuan paus kepala botol di Teluk Bima sebanyak tujuh kali sebelumnya, akan terus menyampaikan edukasi kepada warga.

“Kita akan lakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat desa tentang jenis-jenis satwa yang dilindungi,” katanya dikonfirmasi ntbsatu.com, Jum’at, 21 Januari 2022.

Ia mengajak seluruh pihak agar bersama-sama menjaga spesies satwa yang dilindungi keberadaan dan populasinya itu. Salah satunya Hiu Tutul.

“Hiu Tutul termasuk satwa yang dilindungi,” terang Bambang.

Sebelumnya, viral penemuan Hiu Paus yang berukuran besar di Wera, Bima berawal dari unggahan video di akun Facebook Syaifullah HA Sangiang Api.

Dalam unggahan itu, warga berusaha melepas Hiu dari perangkap dan dilepaskan. Tindakan warga itu banyak komentar pujian dari netizen karena sikap warga yang peduli terhadap kelestarian satwa yang dilindungi. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button