Daerah NTB

Gempa Magnitudo 4,9 Getarkan Dompu

Mataram (NTB Satu) – Gempabumi terjadi Senin, 06 Desember 2021 pukul 10.39.55 Wita menggetarkan Kabupaten Dompu. Hasil analisa BMKG menunjukkan, gempa bumi tektonik ini berkekuatan Magnitudo 4,9.

Episenter terletak pada koordinat 8,72° LS; 118,36° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km barat daya Dompu, NTB pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif .

Menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septhiadi, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan dalam parameter III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) .


Hingga pukul 11.05 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Terkait kejadian ini, Ardhianto menyampaikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” kata Ardhi. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button