NTB

Bencana Mengintai, TNI Polri dan Pemprov NTB Siagakan Pasukan

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Provinsi NTB bersama TNI dan Polri melaksanakan berbagai persiapan mengantisipasi terjadinya bencana.

Seperti banjir, longsor, gempa bumi maupun tsunami akibat musim penghujan yang sedang berlangsung.

IKLAN

TNI Jajaran Korem 162/WB, melaksanakan pengecekan kesiapan melalui Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana Tahun 2021.

Kegiatan itu langsung dipimpin Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., di lapangan Sangkareang, Jalan Pejanggik, Kota Mataram pada Kamis, 25 November 2021.

Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana tersebut melibatkan personel TNI, jajaran Polda NTB, Tagana, Basarnas, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Anggota Pramuka dan relawan URC.

Selain kesiapan personel, dilaksanakan juga pengecekan perlengkapan maupun peralatan yang dibutuhkan dalam penanggulangan bencana.

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, S.sos. SH. M.Han., menyampaikan beberapa wilayah di NTB yang kerap terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor.

Menurut Ahmad, musim hujan dan cuaca ekstrim belakangan perlu disikapi dengan upaya dan kesiapan bersama untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana alam.

Maka dari itu, melalui apel gelar tersebut dilakukan pengecekan kesiapan baik personil maupun materil. Sehingga apabila terjadi bencana alam, pola penanggulangannya telah disiapkan untuk membantu masyarakat yang tertimpa bencana secara cepat dan tepat.

“Perlu diketahui bahwa tugas pokok TNI di samping perang, juga membantu masyarakat dalam rangka tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi pasca terjadinya bencana alam,” tegas Danrem.

Ahmdad juga menghimbau seluruh masyarakat agar dalam situasi cuaca ekstrim dan hujan ini untuk lebih berhati-hati saat keluar rumah.

“Guna mencegah resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan, masyarakat tetaplah berhati-hati saat di luar rumah karena cuaca sedang buruk,” imbuhnya.

Selain itu, alumni Akmil 1993 ini juga mengingatkan kepada seluruh pihak agar senantiasa selalu mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 dalam melaksanakan tugas maupun kegiatan sehari-hari.

Setelah itu, Danrem 162/WB, bersama unsur yang terlibat langsung mengecek kesiapan personil seluruh instansi terkait. Kesiapan lain  seperti kendaraan dan perlengkapan yang digunakan saat penanganan bencana juga dilakukan pengecekan.

“Alhamdulillah kami sudah melakukan pengecekan personil dan materil. Insya Allah telah siap. Upacara seperti ini juga akan kami teruskan hingga ke kabupaten kota se NTB,” pungkas Ahmad Rizal.

“Saya berharap kepada seluruh prajurit yang bertugas agar melakukan kegiatan ini dengan penuh keikhlasan dan Insya Allah tugas ini adalah bagian dari ibadah kita,” terangnya menambahkan. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button