Sport

Peserta Triathlon HK Endurance Challenge dari 18 Negara Jalani Ritual Adat sasak

Mataram (NTB Satu) – Para atlet Triathlon HK Endurance Challenge sudah berdatangan di Lombok. Mereka dijamu dalam gala dinner di Hotel Tugu, Lombok Utara, Jumat (15/10). Mereka langsung disambut ritual adat ‘sembeq’  dengan maksud keselamatan bagi para para peserta.           

Pada sambutan gala dinner, dibuka langsung Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah bersama Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu.

IKLAN

Hadir 100 atlet triathlon peserta HK Endurance Challenge dari 18 negara dan 5 benua. Mereka  harus menjalani ritual adat sasak berupa sembeq yang dipimpin Sesepuh Adat Lombok Utara, Datu Artadi.

Sembeq adalah doa tolak bala yang biasanya ritual ini dilakukan saat perayaan maulid adat atau untuk mengobati orang sakit.

 
Endurance Challenge akan digeber tiga lomba sekaligus. Diantaranya renang 2 kilometer dari Gili Air ke Pantai Sire. Kemudian naik sepeda 100 kilometer sampai Mandalika dan Lari 21 kilometer di sekitar Mandalika.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menyebutkan, Upacara sembeq dan tarian tradisional khas sasak sengaja dipertunjukan untuk memperkenalkan budaya di Lombok, khususnya adat Lombok Utara.

“Selain memperkenalkan spot-spot wisata yang bakal menjadi menjadi rute di HK Endurance Chellenge, kita juga ingin memperkenalkan budaya di Lombok,” ujarnya.

Yusron menambahkan, suksesnya HK Endurance Challenge menjadi cerminan di event bertaraf internasioanal selanjutnya, seperti Word Superbike dan MotoGP.

Sementara itu, Direktur Operasional 1 HK Endurance Challenge, Novias Nurendra melaporkan, jumlah peserta yang akan mengikuti HK Endurance Chalenge sekitar 100 orang dari 18 negara.

“Semua yang sudah stay di Indonesia dan mewakili lima Benua Eropa,” jelasnya.

Diketahui pemenang untuk laki dan perempuan masing-masing juara 1 mendapat hadiah 25 juta kemudian juara 2 mendapat 20 juta dan juara 3 mendapat 15 juta. Gala dinner ditutup dengan technical meeting dari panitia. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button