Lombok Tengah

MGPA Sebut Proyek Sirkuit Mandalika Tercepat di Dunia

Lombok Tengah (NTB Satu) – Sirkuit Mandalika Lombok punya cerita unik di balik proses pengerjaannya. Menurut dia, meski merupakan sirkuit baru di dunia. Namun, sirkuit dengan panjang 4,32 Kilometer ini pengerjaannya tercepat di dunia menurut Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Sirkuit MotoGP Mandalika, dirintis pembangunannya sejak tahun 2015, namun proses pembangunannya mulai dikebut dengan ground breaking November 2019, berlanjut pengaspalan 2021 hingga finishing Oktober 2021. Hanya butuh waktu efektif dua tahun untuk teknis pengerjaan sirkuit.

IKLAN

Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto mengatakan, sirkuit Mandalika proyek yang paling cepat di dunia dari sisi pembangunannya.

“Untuk diketahui, ini satu satunya Sirkuit yang dikerjakan paling cepat di dunia,” kata Happy dalam konfrensi pers di Pantai Mandalika, Senin (27/9).

Ia mengambil contoh terdekat, Sirkuit Buriram di Thailand, butuh waktu 4 tahun lamanya pengerjaan.

“Kenapa Mandalika itu tercepat pembangunanya?. Ini karena lebih untuk meningkatkan pariwisata, khususnya olahraga otomotif di Indonesia,” kata Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bidang Even Internasional ini.

IKLAN

Ciri khas lainnya, Sirkuit Mandalika dengan 17 tikungan. 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Dari segi jumlah, lebih banyak dibanding Negara lainnya yang maksimal 14 sampai 15 tikungan.

“Keunikan Mandalika itu, karena sirkuit Mandalika terpilih, lantaran itu yang seru. Terlebih, gelar juara WSBK, justru seri penutupnya ada di Mandalika,” jelas dia.

Ia menegaskan, pihaknya merasa terpuaskan. Mengingat, pada tanggal 13-14 Februari 2022, justru, tes pra-musim MotoGP dilakukan di Mandalika. Di mana, tes pra-musim itu, biasanya lebih heboh bagi produsen dan pabrikan balapan dunia. (red)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button