Politik

Debat Capres Pemilu 2024: Ganjar Vs Prabowo soal Isu HAM

Mataram (NTBSatu) – Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mensekak Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dengan pertanyaan pelanggaran HAM.

Ganjar bertanya, apakah Prabowo akan membuat pengadilan HAM bila terpilih menjadi presiden? Kemudian, apakah Prabowo akan membantu mencarikan makam aktivis-aktivis yang hilang di masa lalu?

Prabowo menjawab, pertanyaan tersebut selalu dilontarkan kepadanya oleh lawan politiknya, bahkan sejak pemilu 2019.

IKLAN

“Pak Ganjar tadi justru Anda sebut tahun 2009 kan jadi sekian tahun yang lalu kan dan masalah ini ditangani justru oleh wakil presiden Anda, ya jadi apa lagi mau ditanya kepada saya, saya sudah menjawab,” jawab Prabowo, di panggung debat pilpres 2024, Selasa, 12 Desember 2023.

“Berkali ada rekam digitalnya saya sudah jawab berkali-kali tiap poling saya naik ditanya lagi soal itu. Bapak tahu data gak? Bapak tanya ke Kapolda tahun ini berapa orang hilang di DKI tahun ini ada mayat diketemukan beberapa hari lalu dan sebagainya. Come on masa Mas Ganjar,” imbuhnya.

Berita Terkini:

Meski dijawab demikian oleh Prabowo, Ganjar mengaku belum mendapatkan jawaban yang sesuai dengan konteks pertanyaannya.

Ganjar bahkan mengatakan tidak tegas menjawab persoalam HAM.

“Pak Prabowo ini punya ketegasan yang luar biasa, luar biasa, tapi sayang pada dua jawaban ini (menunjukan Prabowo) sama sekali tidak punya ketegasan itu,” katanya merespons jawaban Prabowo.

Ganjar menambahkan, jika dirinya terpilih menjadi presiden, maka ia akan menyelesaikam kasus pelanggran HAM. Agar pertanyaan tersebut tidak lagi muncul dalam setiap pemilu.

“Maka kalau boleh saya meminta, kalau saya jadi presiden saya akan bereskan ini agar kemudian dalam kontestasi Pilpres berikutnya ini (isu pelanggaran HAM) tidak akan muncul lagi kena presidennya tegas menuntaskan pekerjaan itu pada era-nya,” tambahnya. (SAT)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button