ADVERTORIAL

KPU Gelar Program Pelopor Kelurahan Demokrasi, Asisten I Setda Kota Bima Turut Hadiri

Kota Bima (NTBSatu) – Asisten I Sekretaris Daerah Kota Bima, Alwi Yasin, menghadiri kegiatan Program Pelopor Kelurahan Demokrasi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima di Kelurahan Penatoi. Acara ini dihadiri oleh Kepala OPD, Camat, dan Lurah yang mendapat undangan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi, terutama menjelang pemilihan umum yang sebentar lagi akan di gelar.

Hari ini Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Penatoi, menandatangani perjanjian kerja sama, terkait pelaksanaan program pelopor Kelurahan Demokrasi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Walikota, serta Wakil Walikota Bima Tahun 2024. 

Dalam sambutannya, Alwi Yasin, mengapresiasi inisiatif KPU dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya partisipasi aktif dalam pemilu. “ saya mendukung sepenuhnya kegiatan ini, dan saya berharap adanya partisipasi dari semua lapisan masyarakat, lebih khusus warga yang berada di Kelurahan Penatoi, untuk ikut memilih, saat pemilu nanti.” Ujarnya. Oleh karena itu, program seperti ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman akan hak suara. ”lanjutnya.

IKLAN

Sementara itu Ketua KPU Kota Bima, dalam hal ini diwakili oleh Amirul Mukminin, Menyampaikan bahwa KPU Kota Bima, telah menetapkan 2 Kelurahan yang ada di Kota Bima ini, sebagai Kelurahan Pelopor demokrasi, yakni Kelurahan Penatoi, dan Kelurahan Kolo, alasan yang mendasar di pilihnya 2 Kelurahan ini adalah, yang pertama Kelurahan Penatoi, merupakan salah satu Kelurahan yang tingkat partisipasinya dalam Pemilu sangat rendah, hanya 81, 36%, angka ini di nilai sangat rendah, dibandingkan dengan tingkat partisipatif Kelurahan lain yang ada di Kota Bima. Yang kedua adalah Kelurahan Kolo. Kelurahan Kolo adalah merupakan Kelurahan yang secara geografis, sangat jauh, dan dinilai sebagai Kelurahan yang rawan konflik,  di moment Pilkada seperti ini, untuk itulah KPU Kota Bima menetapkan dua Kelurahan ini sebagai Kelurahan Pelopor demokrasi, dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi, dan kesadaran warga saat Pilkada nanti.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh masyarakat, pemuda, dan warga Kelurahan Penatoi, dengan harapan peserta yang hadir bisa menjadi pelopor dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada nanti, serta menciptakan suasana Pilkada yang beradab, baik, dan yang bersih, (matupa, mataho, ro maraso)

KPU Kota Bima berharap, melalui program ini, masyarakat akan lebih memahami proses demokrasi dan berpartisipasi secara aktif dalam Pilkada mendatang. Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU), antara kedua belah pihak, yakni, Pemerintahan Kelurahan Penatoi, dan Komisi Pemilihan Umum Kota Bima (KPU), serta pengalungan Id card secara simbolik, kepada 2 orang peserta yang hadir. (AR/*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button