Politik

KPU Gelar Debat Paslon Pemilihan Wali Kota Mataram Dua Kali

Mataram (NTBSatu) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram menggelar debat pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram sebanyak dua kali.

“Debat Paslon ini kita belum menentukan tanggal pastinya tapi yang pasti sebanyak dua kali. Kalau debat pertama sekitar tanggal 16 atau 17 Oktober 2024,” kata Anggota KPU Kota Mataram, Muslih Syuaib, Kamis, 3 Oktober 2024.

Saat ini, lanjut Muslih, pihaknya dalam tahap menyusun juklak dan juknis pelaksanaan debat paslon Pemilihan Wali Kota Mataram. Seperti, menyusun tim panelis dan moderator.

IKLAN

Adapun tim panelis pada debat ini terdiri dari lima orang. Mereka berasal dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat.

“Debat nanti mirip-mirip debat Pilpres dulu lah, panelis menyiapkan pertanyaan dan peserta debat akan menjawabnya,” sebutnya.

Pertanyaan dari panelis berdasarkan tema yang sudah ditentukan. Pada debat ini terdapat enam tema, memuat tentang bagaimana memajukan daerah, bagaimana hubungan antara provinsi dengan pusat, dan lain sebagainya.

“Temanya ada enam dan kita bagi dua, debat pertama ada tiga tema dan kedua tiga tema,” ucapnya.

Dalam pelaksanaanya, KPU Kota Mataram membatasi jumlah pendukung yang bisa masuk dalam arena debat paslon. Rencananya, satu paslon hanya 60 orang.

“Sisanya itu undangan, ada dari FKUB, kampus, BEM, beberapa organisasi masyarakat dan kemahasiswaan,” jelasnya.

Sebagai informasi, terdapat dua paslon yang akan bertarung di Pemilihan Wali Kota Mataram 2024. Paslon nomor urut 1 adalah Lalu Aria Dharma-Weis Arqurnain. Sementara paslon nomor urut 2, Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button